Inilah OS Ponsel Keluaran Firefox

Organisasi pengembang perangkat lunak Mozilla Foundation memamerkan ponsel pintar prototipe dengan sistem operasi Firefox OS, dalam pameran produk elektronik Consumer Electronics Show di Las Vegas, AS, Senin (7/1/2013).

Sekilas, tampilan antarmuka Firefox OS mirip dengan Android. Dalam keadaan terkunci ia menampilkan jam digital dan menu telepon, SMS, kontak, dan internet. Sedangkan tampilan homedipenuhi dengan ikon aplikasi dan menu berbentuk bulat. Di bagian bawah layar ada tombol home,menu, back, dan search.

Inilah OS Ponsel Keluaran FirefoxTampilan home Firefox OS

Tak seperti Android, sebagian besar aplikasi yang ditampilkan saat ini adalah bookmark dari situs web, yang sepenuhnya dibangun dengan bahasa pemrograman HTML5.

Namun, tak menutup kemungkinan banyak pengembang aplikasi yang akan membuat aplikasi untuk Firefox OS. Mozilla sendiri telah membuat toko aplikasi online Firefox Marketplace.

Kepada blog teknologi The Verge, Mozilla mengatakan bahwa saat waktu peluncuran nanti, Firefox OS sementara ditujukan untuk perangkat yang dibekali spesifikasi hardware rendah. Sementara ia dibatasi untuk prosesor single-core kecepatan 800MHz.

Organisasi asal Mountain View, AS, ini berharap produsen ZTE asal China akan merilis ponsel Firefox OS di negara maju dan berkembang pada akhir tahun 2013. Selain ZTE, TCL juga telah menyatakan kesiapannya memproduksi ponsel Firefox OS yang akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon.

Firefox OS akan menjadi ekosistem mobile yang sepenuhnya terbuka (open source). Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi open source dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011 lalu.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory