Ikan Robot Untuk Melindungi Ikan Sungguhan dari Polusi Laut

Untuk melindungi ikan-ikan dari polusi air laut, sejumlah insinyur dari Polytechnic Institute of New York University merancang robot ikan zebra yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Bencana alam yang kerap terjadi di beberapa wilayah membuat polusi air meningkat. Ini tentu saja mengakibatkan banyak ikan yang mati.

Kondisi seperti itu membuat seorang insinyur mesin, Maurizio Porfiri, dan para koleganya dari Polytechnic Institute of New York University merancang robot ikan zebra yang digerakkan oleh motor ini.

Ikan Robot Untuk Melindungi Ikan Sungguhan dari Polusi Laut

Dengan warna cat biru bergaris kuning, robot ikan ini memiliki bentuk menyerupai ikan betina yang siap dibuahi. Robot ikan ini digunakan untuk menjauhkan kelompok ikan sungguhan dari bahaya, seperti bahaya dari makhluk lain, polusi, dan ancaman lainnya.

Seperti apa? Anda bisa melihatnya dalam video di tautan ini.

Meskipun robot ikan zebra ini bisa menyelam di air dan dapat membantu para ilmuwan melakukan pengamatan, eksplorasi, dan pemantauan data, Maurizio Porfiri mengatakan bahwa masih ada beberapa tantangan sebelum robot ini dilepas ke air. Tantangan itu adalah saat mengikuti perilaku ikan asli.

Seperti ketika ada tumpahan minyak di laut, maka robot ikan ini dapat berfungsi mengarahkan ikan-ikan asli ke tempat yang lebih aman.

"Kami harus memahami sisi ilmiah tentang bagaimana mengubah perilaku dan kerja robot agar dapat membedakan perilakunya dari satu jenis ikan ke jenis lainnya. Banyaknya ikan-ikan yang ada di perairan, itu adalah tantangan bagi kami," kata Maurizio Porfiri.

Penemuan ini membawa para ilmuwan selangkah lebih dekat untuk melepaskan robot mandiri yang bisa diarahkan untuk mengamati dan mengontrol perilaku ikan.

Pembiayaan dari penelitian ini diberikan oleh National Science Foundation, Honors Center of Italian Universities, dan didukung oleh Polytechnic Institute of New York University.

Penelitian ini sudah dimasukkan dalam sebuah jurnal yang berjudul 'Zebrafish Response to Robotic Fish: Preference Experiments on Isolated Individuals and Small Shoals'.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory