Tips Aman Belanja Via Internet

Berbagai kekhawatiran sering menghantui kita saat berbelanja melalui internet. Seperti apakah barang yang dibeli akan sampai, bagaimana jika barang yang kita terima berbeda dengan yang dilihat di web, apakah alamat email yang didaftarkan akan dijual ke pihak ketiga, apakah dikenakan biaya untuk sesuatu yang tidak dibeli, atau apakah informasi keuangan pribadi bisa dicuri?

Tips Aman Belanja Via Internet

Anda perlu melakukan beberapa langkah cerdas untuk belanja via internet secara aman. Berikut beberapa tips aman belanja melalui internet:

1. Periksa umpan balik penjual
Periksa umpan balik penjual sebelum melanjutkan pembelian. Umpan balik bertujuan membantu segala jenis pembelian dalam jumlah besar dan produk mahal seperti iPad, perhiasan mahal dan parfum.

2. Periksa lokasi penjual
Pedoman tersebut sangat dibutuhkan bagi Anda yang membeli produk dari luar negeri. Karena pengiriman barang dari luar negeri biasnaya lebih mahal dari pada harga barang itu sendiri. Hal tersebut juga berguna jika Anda harus mengembalikan barang karena tidak sesuai dengan yang Anda pesan.

3. Teliti keaslian produk melalui gambar
Salah satu tips berbelanja melalui internet adalah berhati-hati meneliti setiap gambar untuk memastikan produk dalam kondisi baik dan otentik. Mintalah kepada penjual untuk memberikan foto ulang jika gambar tidak diposting dengan baik.

4. Dapatkan semua detail barang
Sebagai pembeli, Anda harus tetap terkendali. Tidak ada yang mendorong Anda untuk segera membeli barang tersebut. Sebaiknya, luangkan waktu untuk benar-benar membaca deskripsi item yang dijual. Keputusan ceroboh saat membeli barang dapat mengakibatkan Anda menerima item bagian yang bisa saja rusak.

5. Membuat pembelian kecil
Jika Anda baru pertama kali melakukan pembelian melalui internet, lakukan pembelian beberapa item kecil saja dengan harga yang tidak terlalu mahal.

6. Bandingkan dengan harga di toko
Selalu bandingkan harga produk yang ingin Anda beli dengan harga di toko. Terkadang, penjualan dengan kupon atau di toko menawarkan harga lebih baik daripada penjualan melalui internet.

7. Cari biaya gratis pengiriman
Pengiriman barang bisa saja menipu Anda dengan pengeluaran yang lebih besar daripada harga barang yang dibeli. Untuk itu cari kriteria pencarian pengiriman gratis.

8. Sopan santun
Meskipun Anda tidak bertemu langsung dengan penjual, sopan santun harus tetap diperhatikan. Selalu tinggalkan umpan balik baik selama proses pembelian berlangsung sampai transaksi berjalan mulus.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory