Tips Tetap Fit Dalam Perjalanan Mudik

Empat hari menjelang Idul Fitri, aktifitas mudik sudah sangat terasa. Jika Anda berencana melakukan tradisi menjelang lebaran ini, dan memilih jalan darat, pastikan kondisi tubuh fit. Menempuh perjalanan panjang dalam waktu lama dengan berkendara mobil, bus, kereta, atau bahkan motor bisa menyebabkan kelelahan.

Tips Tetap Fit Dalam Perjalanan Mudik

Meski begitu, Anda tak perlu berlebihan mengasup suplemen atau makanan, dengan tujuan menjaga kesehatan fisik. Betapapun Anda makan banyak jika gizi tak berimbang, rasanya tak akan mempengaruhi daya tahan fisik Anda. Banyak makan hanya akan menimbulkan kantuk, yang berbahaya jika Anda berada di balik kemudi.

Banyak cara mengusir lelah dan membuat tubuh kembali segar saat berkendara sekian jam lamanya. Salah satunya disarankan para pemudik untuk melakukan peregangan kapan saja dengan kondisi yang memungkinkan.

Latihan peregangan bisa dilakukan kapan saja asalkan kondisinya memungkinkan. Peregangan bahkan bisa dilakukan sambil duduk, baik bagi pengemudi maupun penumpang yang duduk di belakang. Namun jangan dilakukan saat sedang berkendara. Menepilah saat ingin melakukan peregangan. Anda bisa melakukan di dalam mobil tanpa harus keluar. Jika pun memungkinkan turun dari kendaraan, lakukan saja peregangan seperti kegiatan olahraga pada umumnya dengan posisi berdiri.

Tubuh menjadi lelah karena menanggung beban, meski Anda hanya duduk selama perjalanan (darat) saat mudik, sebaiknya lakukan peregangan untuk seluruh bagian tubuh dengan teknik yang benar.

Teknik yang benar diukur dari hitungan waktu dan gerakan otot yang diregangkan juga dilakukan dengan benar.

Tandanya peregangan keliru, Anda bisa merasakan tubuh menjadi sakit dan kaku. Padahal, peregangan yang baik dan benar, seharusnya bisa meredakan bagian tubuh yang terasa pegal dan kaku. Gerakan peregangan prinsipnya adalah melenturkan otot yang efeknya bisa meredakan tubuh yang tegang dan kaku. Selain juga berfungsi sebagai relaksasi.

Pilih makanan dengan gizi seimbang
Selain melakukan peregangan, sebaiknya bekali mudik dengan makanan kaya gizi seimbang. Siapkan makanan yang membuat tubuh tetap mendapat asupan nutrisi yang tepat. Jika pun Anda memilih makan makanan di berbagai tempat peristirahatan, jangan asal memilih makanan.

Pilih makanan yang menambah energi dengan aturan dasar komposisi seimbang. Seperti karbohidrat dengan porsi 50-60 persen, lemak 20-25 persen, protein 10-15 persen. Atau lebih mudahnya, tetaplah makan nasi atau makanan penggantinya yang mengandung karbohidrat. Beri juga asupan lauk seperti ayam, ikan, daging. Namun hindari santan, gorengan dan gula sederhana.

Aturan baku dalam memilih makanan ini sebaiknya Anda terapkan juga saat perjalanan mudik. Jangan makan berlebihan yang akan menimbulkan kantuk. Seperti pola makan sehat pada umumnya, selalu makan buah dan sayuran selama mudik. Serta kurangi memakan makanan yang manis. Lebih baik dapatkan manis alami dari buah.

Pilihan makanan yang kurang tepat membuat pencernaan harus bekerja lebih berat. Karenanya dibutuhkan asupan yang seimbang agar kebutuhan energi tetap terpenuhi selama perjalanan.

Jika saat ini Anda masih bersiap untuk mudik, catat dalam daftar menu Anda, buah dan sayuran serta menu makanan yang menghasilkan energi yang membuat tubuh tetap sehat selama berkendara. Lakukan juga peregangan setiap kali merasa tubuh mulai terasa kaku. Selamat menikmati perjalanan dan bersilaturahim bersama keluarga.

pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory