1. Jadi partner langsung YouTube
Dengan menjadi partner YouTube maka video itu bisa memasukkan iklan, dan penghasilannya dibagi dua antara Anda dan YouTube. Namun memang pemasukan yang diterima tidak besar. Untuk lebih jelasnya buka situs www.youtube.com/yt/creators/creator-benefit.html.
2. Cari iklan sendiri
Bila sudah punya banyak pengunjung, potensial mendapatkan iklan sendiri yang sesuai dengan profil pengunjung Anda. YouTube mengizinkan adanya iklan untuk video yang Anda kirim. Namun membutuhkan video yang “nendang” untuk mendapatkan target jumlah pengunjung yang menarik pengiklan. Semakin besar jumlahnya maka semakin besar pula peluangnya mendapatkan iklan.
3. Promosikan barang jualan Anda
Ini cara yang paling mudah, mempromosikan barang jualan Anda lewat video yang Anda kirim di YouTube. Dengan direct promoting, maka semakin besar pula peluang barang Anda dicari pengunjung. Ini banyak dilakukan para pebisnis. Contohnya: Deddy Corbuzier dengan promosi cara diet terbarunya, Obssesive Deddy Corbuzier (ODC) yang dikirim ke YouTube.
4. Gunakan cara premium
Hampir sama dengan di atas, promosikan barang jualan Anda secara gratis di YouTube, namun dimasukkan pula alamat situs atau blog Anda sehingga orang yang tertarik akan mencarinya di situs pribadi Anda. Dan ketika mengakses situs pribadi, dikenakan biaya. Video yang dipasang di situs pribadi harus benar-benar eksklusif dan bagus sehingga orang rela membayar. Contohnya, yang dilakukan situs The Young Turks.
5. Jadi juru bicara produk/perusahaan
Kalau Anda tidak punya produk premium, Anda bisa juga menjadi juru bicara sebuah produk atau perusahaan lain. Anda masukkan produk atau promosi tersebut pada video yang Anda kirim di YouTube. Paling tidak, siapa pun yang mau membuka produk atau perusahaan itu akan mengarah pada video Anda. Kalau beruntung, Anda akan di-endorse oleh produk atau perusahaan itu sebagai juru bicara, dan mendatangkan keuntungan.