Jembatan di Palu ini Mirip dengan Logo McDonald's

Tiap tempat wisata rasanya punya beberapa tempat unik yang jadi perhatian traveler. Saat Anda ke Palu di Sulawesi Tengah misalnya, jangan kaget melihat Jembatan Empat yang besinya melengkung dan berwarna kuning. Persis logo McD!

"Itu namanya Jembatan Empat, bentuk besinya memang melengkung. Kalau kata orang-orang Jakarta, jembatannya mirip seperti logo McDonald's," ujar Wakil Gubernur Palu, Sudarto kepada detikTravel seusai acara malam Grand Opening Mercure Palu, Jl Cumi-cumi, Palu Kamis (27/3) lalu.

Jembatan Empat berada persis di Kota Palu. Jembatan ini membentang sepanjang 250 meter dan berada di atas Teluk Talise. Jembatannya menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat, bisa dilalui dengan kendaraan roda dua, roda empat, atau dilalui dengan berjalan kaki.

Malam hari itu juga, saya sempatkan diri untuk berjalan melihat Jembatan Empat dari dekat. Pada siang harinya, saya sudah penasaran dengan jembatan ini. Karena kalau dilihat dari Pantai Talise, lengkungan besi berwarna di atas Jembatan Empat terlihat seperti huruf M.

Meski malam hari, suasana di Palu saat itu lumayan panas. Saya memilih berjalan kaki dari Mercure Palu menuju Jembatan Empat. Waktu menunjukan sekitar pukul 23.00 WITA, jalanan pun sudah sangat sepi dari kendaraan bermotor.

Setibanya di bawah jembatan, saya baru sadar kalau Jembatan Empat disebut sebagai Jembatan Mcd. Warnanya yang kuning dan lengkungannya memang mirip logo McDonald's, franchise yang mudah ditemukan di kota-kota besar di Indonesia.

Puas memotret dari bawah jembatan, saya melanjutkan berjalan ke Jembatan Empat ini. Asyiknya, di pinggiran jembatan disediakan trotoar untuk pejalan kaki yang bersih dan nyaman. Hanya papan-papan dengan aneka merek rokok saja yang menganggu pemandangan.

Di tengah-tengah Jembatan Empat, tepatnya di sisi kiri dan kanan disediakan tempat yang cukup luas untuk memandangi Teluk Talisa dan Teluk Palu di kejauhan. Cahaya lampu di pinggiran pantai seolah terlihat bagai satu garis lurus. Cantik sekali!

Saya menghabiskan waktu sekitar 15 menit untuk memotret Jembatan Empat sekaligus narsis di sana. Usut punya usut, Jembatan Empat diresmikan pada bulan Mei 2006 silam oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Traveler bebas melintasi jembatannya tanpa dikenai biaya. Saat siang dan sore hari, pemandangan lautan yang biru terlihat jelas dan tak kalah cantik. Selamat menyusuri 'Jembatan Mcd'!







pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory