Ini Lho Manfaat Getah Pisang

Pisang adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara (termasuk Indonesia). Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Di Indonesia sendiri, pisang merupakan buah yang lazim dimanfaatkan dalam berbagai macam olahan, seperti keripik, pisang goreng, pisang rebus, kolak, ataupun langsung dimakan sebagai buah yang rasanya juga cukup nikmat. 

Pisang adalah buah yang sangat bergizi yang merupakan sumber vitamin, mineral dan juga karbohidrat. Pisang dijadikan buah meja, sale pisang, pure pisang dan tepung pisang. Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membuat cuka melalui proses fermentasi alkohol dan asam cuka. Daun pisang dipakai sebagi pembungkus berbagai macam makanan trandisional Indonesia.

Batang pisang dapat diolah menjadi serat untuk pakaian, kertas dsb. Batang pisang yang telah dipotong kecil dan daun pisang dapat dijadikan makanan ternak ruminansia (domba, kambing) pada saat musim kemarau dimana rumput tidak/kurang tersedia. Selain itu, masih banyak kegunaan lain yang bisa kita manfaatkan dari seonggok tanaman pisang.

Tapi kali ini, saya coba mengupas kegunaan getah pisang yang selama ini menjadi masalah apabila terkena di pakaian, karena akan meninggalkan noda yang tidak bisa dihilangkan. 



Walaupun demikian, getah pisang ternyata memiliki manfaat khusus dan digunakan untuk penyembuhan luka dan juga menyuburkan rambut. Di masyarakat Desa Kandangan, Sayegan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta misalnya, sudah lama menggunakan getah pisang sebagai obat penyembuhan luka.



Luka yang telah diolesi getah pohon pisang dapat sembuh lebih cepat disebabkan adanya kandungan-kandungan dalam getah batang pisang yang bermanfaat dalam proses penyembuhan luka. Kemampuan getah batang pisang menyembuhkan luka disebabkan kandungan zat antrakuinon, saponin, flavonoid dan asam askorbat. Saponinmanfaatnya meningkatkan pembuluh darah baru pada luka. Flavonoid manfaatnya untuk memperpendek waktu peradangan /inflamasi luka, dan asam askorbat bermanfaat untuk memperkuat dan mempercepat pertumbuhan jaringan ikat/kolagen baru. 

Fungsi flavonoid sebagai antibiotic pada getah batang pisang berperan untuk membunuh kuman-kuman penyakit penyebab timbulnya infeksi yang dapat memperparah luka penderita.

Sementara itu, kandungan asam askorbat pada getah batang pisang berfungsi menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Dengan begitu pertumbuhan sel-sel kulit penutup luka menjadi lebih cepat,karena pertumbuhan sel – sel baru dipercepat. Hal ini menjadi bukti khasiat pohon pisang yang sangat besar dalam proses penyembuhan luka.

Sedikit gatal-gatal setelah luka mulai mongering merupakan efek samping wajar yang bisa kita alami ketika luka mulai mengering. Hal ini disebabkan karena getah batang pisang yang digunakan masih mengandung beberapa zat yang mempunyai efek negatif terhadap kulit terutama luka. Akan tetapi,semua itu tidak berpengaruh terlalu besar terhadap hasil penyembuhan luka, karena hanya berupa faktor kecil penghambat proses penyembuhan. Oleh karena itu getah batang pisang dapat digunakan sebagai obat alternatif dalam menyembuhkan luka lecet, terutama pada saat kepepet dan tidak ada alternative lain.

Selain itu, saat ini juga sudah ditemukan teknologi benang jahit operasi dari bahan dasar getah pisang.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory