Tips Supaya Tidak Mengantuk Saat Puasa

Jika Anda bekerja, sempatkan juga untuk tidur siang di sela-sela waktu istirahat, misalnya setelah salat dzuhur. Meskipun terlihat beberapa menit tidak berpengaruh, nyatanya menurut dr Ade menyempatkan tidur selama lebih kurang 20 menit justru memberi pengaruh yang luar biasa terhadap tubuh.



"Intinya ngantukan saat puasa itu wajar karena tubuh berusaha untuk memenuhi jam tidur yang berkurang karena aktivitas sahur. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatur pola tidur saat bulan puasa. Ini agar aktivitas sehari-hari tidak menjadi terganggu akibat rasa kantuk yang berlebihan ini," tutur pakar kesehatan tidur dari RS Mitra Kemayoran Jakarta, dr Andreas Prasadja, RPSGT, yang akrab disapa dr Ade, saat dihubungi oleh detikHealth dan ditulis pada Selasa (16/7/2013).

Berikut tips agar tak ngantukan saat bulan puasa menurut dr Ade:

1. Geser jam tidur di malam hari

"Usahakan untuk tidak begadang saat bulan puasa, kalau bisa segera tidur setelah salat tarawih. Misalnya jam 9 selesai, usahakan langsung tidur. Jangan melakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa mengurangi jam tidur," papar dr Ade.

Jika sebelum bulan puasa Anda memiliki kebiasaan untuk berjalan-jalan sepulang kantor hingga malam hari, maka sebaiknya kebiasaan tersebut dihentikan terlebih dahulu. Ini dilakukan agar jam tidur Anda tetap tercukupi untuk beraktivitas keesokan harinya.

2. Tidur setelah sahur

"Sempatkan untuk tidur walaupun hanya sebentar saat setelah sahur. Mengapa demikian? Sebab, ini juga penting untuk mencegah tubuh menjadi ngantuk saat akan berkendara menuju tempat kerja," tutur dr Ade.

Menurutnya, rasa mengantuk juga menjadi penyebab meningkatnya angka kecelakaan saat berkendara. Sehingga ada baiknya untuk menyempatkan tidur setelah makan sahur.

3. Tidur siang

Jika Anda bekerja, sempatkan juga untuk tidur siang di sela-sela waktu istirahat, misalnya setelah salat Zuhur. Meskipun terlihat beberapa menit tidak berpengaruh, nyatanya menurut dr Ade menyempatkan tidur selama lebih kurang 20 menit justru memberi pengaruh yang luar biasa terhadap tubuh.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory