5 Makanan Favorite saat Ramadan

Berdasarkan sidang Itsbat penetapan 1 Ramadan 1434 Hijriah di Gedung Kemenag, Jl MH Thamrin, Jakarta, Senin (8/7), 1 Ramadan 1434 H jatuh pada hari Rabu, 10 Juli.

Menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang sudah di ujung mata, beberapa menu kuliner menjadi primadona saat berbuka dan sahur. Makanan-makanan ini sebetulnya sering kita jumpai di hari biasa, namun saat Ramadan tiba, makanan-makanan ini menjadi banyak dicari. Maka tak heran, jika kemudian mereka dianggap sebagai makanan khas saat Ramadan. Berikut adalah makanan yang menjadi primadona saat Ramadan tiba.

1. Kolak



Kolak atau juga disebut kolek, adalah kuliner khas Indonesia yang selalu jadi primadona saat Ramadan tiba. Selain memiliki berbagai isian, seperti pisang, kolang-kaling, nangka, singkong, dan lain-lain, kolak juga kerap dihidangkan sebagai dessert manis saat buka puasa. Isian dan rasa kolak sendiri cukup bervariasi karena berbeda di setiap daerah. Namun, semua jenis kolak memiliki rasa yang hampir sama yakni manis dan gurih. Rasa gurih berasal dari kelegitan juah santan, sedangkan rasa manis kolak berasal dari gula kelapa.

2. Kurma

Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini selalu menjadi primadona saat Ramadan tiba. Kurma juga merupakan tanaman tradisional yang penting di beberapa negara di Timur Tengah, termasuk Turki, Irak, Arab, Afrika Utara sampai Maroko. Kurma olahan biasanya disantap sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa ataupun sahur. Selain memiliki rasa yang manis dan legit, kurma juga menyediakan banyak nutrisi untuk tubuh.

3. Timun suri

Timun suri atau juga biasa disebut mentimun suri, adalah buah yang dijual musiman, terutama di bulan Ramadan. Hampir sama dengan blewah, timun suri memiliki rasa manis yang segar dan biasa diolah menjadi komponen dalam minuman. Disamping dapat melegakan dahaga, timun suri juga mengandung kalium yang tinggi sehingga, sangat bermanfaat untuk menjaga kesegaran tubuh.

4. Blewah

Es blewah adalah minuman yang menjadi primadona saat buka puasa. Betapa tidak, rasanya yang manis dan menyegarkan membuat momen berbuka terasa istimewa. Selain itu, blewah juga kaya nutrisi lho. Buah sejenis dengan melon ini kaya kandungan mineral kalium dan provitamin A serta serat makanan. Maka dari itu, buka puasa akan terasa lebih spesial jika diawali dengan segelas es blewah yang disiram sirup kaya rasa. Hmmm...Yummy!

5. Es cendol

Siapa tak kenal es cendol atau juga biasa disebut es dawet. Minuman manis yang terbuat dari kuah santan dan gula kelapa ini biasa diminum saat cuaca sedang panas. Dan saat Ramadan tiba, es cendol menjadi kuliner primadona yang kerap dihidangkan ketika berbuka puasa. Isian dari cendol terbuat dari tepung beras yang dicetak dengan saringan khusus. Warna hijau dari cendol dulunya berasal dari pewarna alami yakni perasan air daun pandan. Namun, kini pedagang es cendol lebih sering memakai pewarna makanan siap saji karena dirasa lebih praktis.

Inilah lima makanan yang menjadi primadona saat Ramadan tiba. Makanan apa yang jadi kuliner paling dicari di daerah Anda saat Ramadan tiba?
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory