Jebakan di Facebook Yang Pengguna Perlu Hindari

Jika kita pungguna facebook dan benar-benar mengamati facebook, maka kita pasti paham juga tentang scam yang ada di Facebook dan bagaimana kemunculannya. Yang pasti adalah Scammer suka dengan “keramaian” dan hanya Facebook lah kumpulan ter-ramai di dunia saat ini.
Jebakan di Facebook Yang Pengguna Perlu Hindari
Berkut ini adalah daftar 10 scam yang paling banyak dijumpai dan bahkan masih aktif mencari korban di Facebook, sehingga perlu diwaspadai:
  1. Profile Viewer dan Profile Blocker – Scam in ngakunya bisa menunjukkan siapa-siapa yang ngintip profil kita di FB dan siapa yang nge-blok kita dari FBnya. Sepertinya menarik, tetapi sayangnya tidak satupun dari kedua aplikasi tersebut yang menepati ‘janjinya’. Pihak Facebook sendiri juga tidak pernah memberikan akses data yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi kepada siapa pun.
  2. iPad & iPhone gratis – Jangan percaya pada iklan-iklan nge-tes iPad dan iPhone lalu iPad dan iPhone-nya boleh dimiliki gratis http://blog.eset.com/2011/02/15/get-a-free-ipad-on-facebook. Itu cuma trik marketing saja. Scam ini tidak hanya untuk produk Apple saja tetapi juga produk gadget lain.
  3. Gratis Facebook Credit – Scam yang mentarget para gamer Facebook. Credit yang dimaksud digunakan untuk beli item-item di Farmville, Cityville, dll. Untuk bisa mendapatkan credit tersebut kita harus membayar dengan uang kita, jadi tidak mungkinlah credit itu diberikan gratis begitu saja.
  4. Produk, Voucher dan Tiket Gratis – kalau kelihatannya mengada-ada, bisa dipastikan itu pasti berasal dari Facebook! http://blog.eset.co.id/index.php/musim-liburan-musim-malware/Iklan Tiket atau Smartphone murah yang mengaku dari Batam adalah Scam yang populer di kalangan Facebookers Indonesia. Jangan mudah terpedaya dengan harga murah.
  5. Foto dan Berita-berita menghebohkan – Berita menghebohkan bisa ada setiap waktu, jangan terkecoh. Scammer suka menipu korban yang tidak waspada dengan janji-janji bertajuk “liputan ekslusif” – ingat berita eksklusif tentang foto-foto seksi artis, kasus pidana yang menjerat, hingga perubahan status tertentu.
  6. Upaya Phishing untuk Mencuri Data Login – Ketika scammer berhasil mendapatkan data login kita, ia akan melakukan segala macam yang merugikan hingga akhirnya kita sadar akun kita sudah diobok-obok. Notifikasi yang kita terima seakan-akan langsung berasal dari pihak Facebook Security sudah umum dijadikan sebagai tipuan lih:http://blog.eset.co.id/index.php/awas-ada-scam-facebook-verification-urgent/ Cara ini juga menjadi bagian dari modus kejahatan internet secara luas tidak hanya di Facebook
  7. Fitur Baru atau Bonus Fitur di Facebook – Tombol dislike, aplikasi untuk mengganti warna di Facebook kita, maupun aplikasi untuk melihat siapa yang merubah status pertemanan menjadi unfriend, adalah beberapa contoh scam yang banyak beredar. Fitur tipuan tersebut juga bisa berasal dari situs lain, alih-alih mendapatkan aplikasi fitur tambahan yang menarik, malah kemasukan adware dan malware yang biasa disertakan dalam plugins. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk menginstall aplikasi dan ekstensinya yang berasal dari developer yang terpercaya.
  8. Tipuan Headline Berita – Ingat berita tentang Gelombang Tsunami Fukushima di Jepang, belakangan ini beredar luas bahasa gaul “OMG atau Oh My God” atau “Heboh!” Sehingga semua judul berita yang diawali dengan “OMG” atau “Heboh” banyak muncul di Facebook. Berita tersebut. Mereka memancing korban dengan berita yang tidak jelas atau sesat, biasanya akan diikuti dengan permintaan ke user untuk mengisi survey dan video tipuan. Gotcha!
  9. Cerita Hoax tentang Artis dan Orang Terkenal– Facebook adalah media untuk berjejaring secara sosial di dunia maya bukan kumpulan berita gosip artis. Berita gosip juga sering dipakai untuk memancing oleh para scammer, mengangkat berita kematian artis atau atau orang terkenal – ingat berita tentang tertembaknya Osama bin Ladenhttp://blog.eset.co.id/index.php/osama-tewas-malware-mengganas/ - dan berita lain yang sensasional cukup ampuh untuk menipu penggemar gosip. Cara ini menyebar sangat cepat karena umumnya user mensharenya terlebih dahulu sebelum ia membaca dan memverifikasi kebenaran berita.
  10. “Permintaan Bantuan, dan Butuh Uang“ – Jika suatu saat kita dapat berita dari teman yang berisi pesan bahwa mereka terdampar di sebuah tempat di luar negeri, jangan terburu-buru pergi ke bank atau Western Union untuk transfer uang. Itu pasti karena akun Facebook teman kita telah dibajak oleh pelaku scam.
“Scam di Facebook bisa dengan mudah dan cepat menyebar dari wall ke wall dan scammers akan melakukan segala cara yang bisa dilakukan dari yang sudah umum hingga yang cukup kreatif. Dampak scam Facebook berbeda-beda, sebagian besar scam akan berujung pada iklan obat ’kuat’, tetapi, ada diantaranya scam yang benar-benar berbahaya dari yang dapat mencuri ID Facebook hingga menguras dompet Anda” demikian dikatakan Yudhi Kukuh, Technical Consultant PT. Prosperita-ESET Indonesia

Masih dari Yudhi Kukuh, diperlukan perhatian dan pemahaman yang lebih saat kita melihat hal-hal tersebut diatas. Untuk menghindari penipuan melalui scam, hal berikut dapat diterapkan untuk para Facebookers:
  • Berhenti dan jangan melakukan aktifitas (mengklik gambar, dll) saat kita lihat ada sesuatu yang mencurigakan, misalnya tiba-tiba teman memposting sebuah gambar syur yang berani
  • Berpikir, jika masih ingin tahu lebih lanjut, pikirkan apakah teman kita memang punya kebiasaan posting hal itu? cek apakah berita/gambar itu benar, telepon/sms/chat langsung dengan yang bersangkutan. Bila itu iklan, cek via portal berita terpercaya menyangkut kebenaran berita.
  • Lanjutkan untuk diklik bila memang benar teman yang memposting atau berita itu valid
  • Aktifkan aplikasi facebook scanner untuk antisipasi, aplikasi ini akan melakukan scanning seluruh wall kita untuk memastikan aman, Contohnya ESET Social Media Scannerhttps://apps.facebook.com/eset-socmedscan/
  • Gunakan produk Antiivrus dengan update terkini, realtime, ringan dan mampu menangani permasalahan jejaring sosial. Pastikan Anda dapat berdiskusi dengan Support produk jika mengalami permasalahan.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.