Daging Kambing Bau Prengus? Ini Dia Tips-Tips Menghilangkannya

Daging Kambing Bau Prengus? Ini Dia Tips-Tips Menghilangkannya

Sudah seminggu yang lalu Idul Adha dirayakan, dan kulkas Anda mungkin masih dipenuhi setumpuk daging yang belum sempat diolah. Tentu Anda senang sekali persediaan daging Anda masih banyak, akan tetapi lama-lama kulkas Anda menjadi dipenuhi bau daging, terutama daging kambing yang sudah terkenal akan bau prengusnya. Banyak orang kewalahan dan tidak tahan dengan bau daging kambing yang menyengat, termasuk mungkin Anda salah satunya, sehingga rasanya malas sekali berurusan dengan daging yang satu itu. Namun, Anda tidak perlu khawatir, banyak jalan menuju Roma, banyak jalan pula untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi bau prengus daging kambing. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyiapkan bahan-bahan dan simak tips-tips berikut ini.

Tips pertama yang dapat Anda lakukan ialah menyiapkan beberapa buah jeruk nipis. Ternyata, jeruk nipis tidak hanya berfungsi menghilangkan bau amis pada ikan, namun juga bau prengus daging kambing. Kemudian, lumuri daging kambing tersebut dengan air jeruk nipis yang sudah diperas. Tunggu selama beberapa menit hingga bau jeruk nipis sudah dominan. Dikarenakan bau daging kambing sulit sekali hilang daripada bau amis ikan, pastikan bahwa daging kambing dengan lumuran jeruk nipis dibiarkan lebih lama. Selanjutnya, hal lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau prengus ialah dengan mencampurkan daging tersebut dengan ketimun yang sudah dihancurkan. Anda bisa mengaduk-aduk daging kambing tersebut dengan timun tersebut hingga baunya menghilang atau berkurang. Ketumbar juga dipercaya berkhasiat dalam menghilangkan bau tak sedap daging kambing, pertama ketumbar ditumbuk hingga halus dan lumuri ke daging selama beberapa menit.

Alternatif lain yang mampu mengurangi bau daging kambing ialah dengan merebus daging kambing dengan berbagai macam bahan. Biasanya, jahe, kunyit, lengkuas, atau daun salam dapat dimasukkan ke dalam rebusan daging kambing. Akan tetapi, sebelum memasukkan jahe, kunyit, atau lengkuas ke dalam rebusan, lebih baik Anda menggepreknya terlebih dahulu untuk lebih mengelaurkan aroma khas bahan-bahan tersebut. Selain itu, dalam proses perebusannya, sebaiknya Anda memisahkan daging dengan jeroan, disebabkan bau pada jeroan kambing yang lebih tajam. Walaupun terdengar lebih ribet, namun hal tersebut akan sangat membantu Anda menghilangkan bau prengus daging kambing. Tips terakhir untuk memudarkan bau tak sedap daging kambing ialah dengan merebusnya dengan arang. Hal ini mungkin terdengar sedikit aneh, akan tetapi arang ternyata ampuh mengurangi bahkan menghilangkan bau. Jadi, arang berukuran besar dipotong kecil-kecil kemudian dimasukkan ke dalam rebusan daging. Walaupun mungkin daging akan terlihat lebih kotor dengan adanya arang tersebut, namun cara tersebut sangat efektif. Dan, jika tips-tips tersebut telah Anda lakukan namun bau prengus masih tercium, Anda dapat melakukannya berulang-ulang agar bau prengus daging kambing benar-benar hilang. Anda pun akhirnya siap untuk mengolahnya menjadi menu favorit Anda.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory