Kontroversi Putri Indonesia 2015 yang pakai Kaos Palu Arit

Anindya Kusuma Putri 23 tahun setelah berhasil keluar sebagai Puteri Indonesia menjadi perbincangan hangat didunia maya, pasalnya dia mengupload foto pribadinya menggunakan kaos atau t-shirt yang bergambar palu arit. Pasti banyak orang yang mengetahui arti dari simbol gambar tersebut.

Kontroversi Putri Indonesia 2015 yang pakai Kaos Palu Arit

Akhirnya perwakilan Jawa Tengah angkat bicara dalam jumpa pers singkat mengenai alasan dibalik penggunaan kaos dengan lambang yang identik dengan paham komunis.

Putri cantik ini berkata bahwa -shirt tersebut ia kenakan pada 2 tahun silam atau sekitar tahun 2013. Saat dirinya sedang mengikuti program pertukaran pelajar Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) dan belum bergabung dengan Yayasan Puteri Indonesia.


Anin adalah nama akrab sapaannya, dia aktif dalam organisasi AIESEC dan juga menjabat sebagai presiden utama dari tahun 2013 sampai 2014 sebelum ia mengikuti Puteri Indonesia

Sebagai delegasi Indonesia di konferensi luar negeri dan terlibat pertukaran pelajar, diapun mengaku bahwa terbiasa melakukan pertukaran kaos dengan teman-teman AIESEC lainnya yang berasal dari 130 negara yang berbeda-beda. Terkait kaos merah berlambang palu arit tersebut, Anin menjelaskan bahwa itu merupakan kaos yang diberikan temannya yang yaitu mahasiswa asing dari Vietnam.

“Saya menghormati teman saya yang memberikan t-shirt (kaos) itu kepada saya,” demikian disampaikan saat jumpa pers di gelar di Graha Mustika, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa 24 Februari 2015. Dia mengukuhkan bahwa penggunaan kaos tersebut untuk menghargai pemberian dari seorang temannya.

Tepanya lagi, kaos tersebut ia gunakan saat penanaman pohon di Semarang, Jawa Tengah yang saat itu turut mengundang mahasiswa AIESEC dari Vietnam. Bahkan mnurutnya pertukaran kaos tersebut adalah hal yang wajar dilakukan dengan teman-teman negara lain.


“Kalau di Instagram itu nggak cuman saya post baju dari Vietnam saja. Masih banyak baju yang lain sebenarnya. Tapi yang dibahas kok hanya yang Vietnam. Saya sadar bahwa kita mempunyai sejarah yang kurang bagus terhadap itu tapi maksudnya bukan seperti itu, bukan maksud identitas saya sebagai palu arit. Tapi memang khusus menghormati teman saya yang datang jauh-jauh dari Vietnam yang saat itu sedang berkegiatan bersama saya”, ungkapnya.

Sekarang telah dikeahui alasan Anin mengenakan kaos berwarna merah tersebut yang menjadi kontroversial dan menghebohkan dunia maya ini.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.