Arti Kode Huruf dan Angka di Ban Kendaraan


Pernahkah Anda bertanya, apa makna dari kode huruf dan angka yang terdapat pada sisi luar ban? Yang jelas itu bukan tahun pembuatan atau ulang tahun pembuatnya.

Nah, kali ini merdeka akan mengajak kalian untuk mengetahui arti dari kode-kode pada ban yang ternyata juga penting untuk memilih saat ingin membeli ban baru.

Kita ambil contoh sebuah kode 205/65 R 15 94H pada sebuah ban mobil. Mari kita pretelisatu-per satu.

Angka 205 menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter. Sedangkan untuk angka 65 adalah aspek rasio dalam persen. Sementara huruf 'R' menunjukkan radial.

Untuk angka 15 diartikan sebagai besarnya diameter untuk velg dalam satuan inci. Sedangan angka 94 memiliki arti indeks beban. Terakhir, huruf 'H' adalah simbol kecepatan.

Nah, selain kode ukuran yang sudah dijelaskan di atas, ada pula petunjuk kecepatan dan beban yang ideal untuk ban. Menurut lansiran Otosia (8/8), simbol kecepatan biasnya dicetak dengan huruf besar Q, S, H dan V. Huruf Q maksimal kecepatan yang ditempuh adalah 160 km/h, S memiliki batas kecepatan 180 km/h, huruf H kecepatan maksimal yang ditempuh adalah 210 km/h, dan V kecepatan maksimal 240 km/h.

Simbol kecepatan menandakan batas kecepatan yang sesuai dengan spesifikasi ban. Kecepatan maksimum adalah kecepatan mobil yang paling cepat saat berjalan di aspal yang rata dengan menggunakan ban tersebut.
Itulah arti atau makna dari kode dari ban. Semoga bermanfaat, guys!
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory