Mau Belanja Kulit Ketupat? Perhatikan 5 Hal Ini



Hari ini dan besok merupakan saat belanja kulit ketupat. Ada juga yang senang membeli janur dan kemudian menganyam kulit ketupat sendiri. Namun, banyak juga yang membeli jadi. Apa saja yang perlu dicermati?

Memilih kulit ketupat dan janur ternyata perlu kecermatan agar hasil ketupat empuk dan wangi. Sebelum membeli kulit ketupat perhatikan hal berikut ini.

1. Warna



Jika ingin membuat kulit ketupat sendiri, pilihlah janur yang berwarna kuning muda. Umumnya janur bagus berwarna kuning terang dan bersih akan membuat ketupat putih dan wangi. Jangan pilih yang kehijauan karena aroma kurang wangi dan hasil ketupat agak kecokelatan.

2. Anyaman



Pilihlah kulit ketupat dengan anyaman rapi, rapat, dan lebar janur sama. Ini dilakukan agar bentuk ketupat bagus dan tidak mudah bocor.

3. Ukuran



Pilih kulit ketupat berukuran sama agar saat dimasak matangnya bersamaan. Ukuran kulit ketupat sebaiknya sedang, tidak terlalu besar atau kecil.

4. Pencucian



Sebelum digunakan, rendam kulit ketupat dalam air dingin bersih agar debu, getah, dan kotoran yang melekat larut dalam air. Jika kulit ketupat tidak langsung dimasak, bungkus dengan serbet bersih dan simpan dalam lemari es. Agar kulit ketupat tidak layu.

5. Jumlah



Beli dan buatlah ketupat per 10 buah agar mudah memasak dan menghitungnya. Biasanya pedagang memang menjual sepuluh kulit ketupat dalam satu ikatan.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory