Ditemukan Ikan Hidup Berusia 205 Tahun di Alaska

Seorang pemancing bernama Henry Liebman berhasil menangkap ikan yang disebut-sebut memecahkan rekor usia, alias paling tua. Para ahli memperkirakan umur ikan itu mencapai lebih dari 200 tahun. 

Bobot ikan rockfish --ikan yang hidup di Pasifik dan Atlantik-- itu 39 pounds atau sekitar 17,9 kg dan panjangnya sekitar 1 meter, seperti ditulis The Sun, Rabu (3/7/2013). Dan para ahli yang meneliti ikan itu, juga meyakini ikan itu memiliki usia paling tua yang pernah tertangkap dalm kondisi hidup di negara bagian Alaska.


Henry Liebman mengungkapkan, ikan itu ditangkapnya setelah melepas kail pada kedalaman 900 kaki atau 274 meter. Lalu ia pun memberitahu tangkapannya itu kepada penyidik.

"Aku tahu itu besarnya ikan itu tidak normal, tapi aku tidak tahu itu adalah sebuah rekor. Dan pada perjalanan kembali (ke Seattle) Henry melihat buku panduan yang berada di perahu," kata seorang penyidik.

Henry pun akhinya membawa pulang hasil tangkapannya ke Seattle, di mana ia berencana untuk memamerkannya.

Hidup 200 Tahun Lalu

Ikan rockfish yang ditangkap Henry berusia 205 tahun. Troy Tidingco, dari Alaska Department of Fish and Game, yakin benar, tangkapan Henry memang berusia setua itu. 

Keyakinan itu juga sudah teruji secara ilmiah. Untuk menentukan umur hasil tangkapan ikan besar berwarna pink itu, sampel hewan dikirim ke laboratorium. Lalu dilakukan analisis terhadap panjang, berat dan struktur tulang.

Sebelumnya, ikan terbesar yang pernah dipancing, diperoleh di lepas pantai Nova Scotia pada tahun 1979. Ikan tuna sirip biru yang ditangkap itu memiliki bobot 1.496 pounds atau 678 kg.

Pemancing bernama Ken Fraser, yang berhasil menangkapnya, bahkan menulis sebuah buku tentang rekornya itu.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory