Tips Menghindari Kecelakaan dari Briptu Eka Frestya [Video]

Deretan kasus kecelakaan di jalan raya seolah menjadi peringatan bagi pengendara kendaraan bermotor maupun roda empat bahwa kecakapan mengemudi saja tidak cukup. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan?

Briptu Eka Frestya, polwan anggota Korps Lalu Lintas (Korlantas) yang sering muncul di layar TV ini memberikan beberapa tipsnya.


Sebelum menggunakan kendaraan periksa dulu kondisi kendaraan mulai dari rem, lampu utama, lampu kabut, rem dan Bahan Bakar Minyak. Selain kendaraan pastikan juga kondisi fisik dan mental pengemudi dalam kondisi sehat.

"Kita harus menyiapkan mulai dari diri kita sendiri, fisik, kita sehat atau tidak, mental kita, karena ketika kita berkendara itu memerlukan konsentrasi tinggi," ujarnya di Trans7.

Kondisi jalanan tidak pernah bisa ditebak, karena itu pengendara harus memiliki skill mengemudi yang mumpuni, apalagi saat kondisi tengah hujan dengan jarak tempuh yang terbatas.

"Kita harus tetap memperhatikan yang pertama jarak tempuh, kalau hujan perhatikan kecepatannya, jangan sampai kita mengerem mendadak itu juga dapat membahayakan anda dan orang lain di belakang kan Anda, jadi kita harus tahu jaraknya harus kita atur sendiri," ujarnya.

Selain kecakapan mengemudi, pengendara harus memilik tingkat emosi yang stabil. Ingat untuk selalu menjaga toleransi antar sesama pengguna jalan.


pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.