Honda akan Lahirkan Super Cub Terbaru
Legenda abadi motor Honda, Super Cub 110 akan segera lahir kembali dengan wajah terbaru di Jepang. Dengan motor ini, Honda ingin menyuguhkan sebuah motor yang bisa digunakan dalam berbagai situasi mulai dari bisnis hingga jalan-jalan tapi dengan harga terjangkau.
Dari desain, Honda Super Cub 110 tampil ala motor retro dengan disokong mesin satu silinder berpendingin udara yang berkapasitas 110 cc yang sudah menggunakan sistem injeksi PGM-FI.
Honda mengatakan bahwa mesin ini mampu mengoptimalkan rasio gigi dan karakteristik torsi dengan memberi penekanan pada rentang rpm rendah dan menengah sehingga dapat dengan mudah melalui segala medan jalan termasuk jalan menanjak.
Desainnya didasarkan pada keaslian gaya tradisional dari Super Cub dengan kesederhanaan. Lampu depan maupun belakang tampak mengkotak yang sekilas akan mengingatkan kita pada motor lawas Honda, Astrea.
Motor ini akan diproduksi di pabrik Honda di China untuk membuat harganya makin terjangkau karena motor yang akan diluncurkan di Jepang pada 16 Maret mendatang dengan banderol harga 228.900 yen atau sekitar Rp 25,9 jutaan atau lebih rendah 21 ribu yen atau sekitar Rp 2,3 jutaan.
Spesifikasi:
Panjang × Lebar × Tinggi: 1.915 × 700 × 1.050 mm
Jarak sumbu roda: 1.210 mm
Ground clearance: 135 mm
Tinggi jok: 735 mm
Berat kendaraan: 98 kg
Ban depan: 70/90-17M/C 38P
Ban belakang: 80/90-17M/C 44P
Konsumsi bahan bakar: 63,5 km/liter (ketika di tes dengan kecepatan konstan 60 km/jam)
Radius belok minimum: 1,9 m
Mesin: Berpendingin udara empat-stroke silinder tunggal OHC 2 valve JA10E
Kapasitas: 109 cc
diameter bore×stroke : 50,0 × 55,6 mm
Rasio kompresi: 9.0
Daya Maksimum (kW [PS] / rpm): 5,9 [8,0] / 7.500
Torsi Maksimum (Nm [kgf · m] / rpm): 8,5 [0,87] / 5.500
Pasokan bahan bakar: Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas tangki bahan bakar: 4,3 liter