Manfaat Berkurban di Hari Raya Idul Adha Yang Harus Kita Ketahui

Idul adha sudah dekat, ada yang tau apa sih kurban itu ? Kurban menurut islam ialah dekat atau mendekatkan atau disebut juga Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan.
Biasanya orang islam ynag merayakan idul adha melakukan kurban hewan ternak untuk di dipersembahkan kepada Allah.

Biasanya penyembelihan hewan kurban dilakukan pada bulan Dzulhijjah pada penanggalan Islam, yakni pada tanggal 10 (hari nahar) dan 11,12 dan 13 (hari tasyrik) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.


Adapun hukum dalam berkurban ialah Mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabi’in, tabiut tabi’in, dan fuqaha (ahli fiqh) menyatakan bahwa hukum kurban adalah sunnah muakkadah (utama), dan tidak ada seorangpun yang menyatakan wajib, kecuali Abu Hanifah (tabi’in). Ibnu Hazm menyatakan: “Tidak ada seorang sahabat Nabi pun yang menyatakan bahwa kurban itu wajib.

Namun, sejak perkembangan jaman modern sangat jarang orang yang berkurban, taukah kamu bahwa sangat banyak sekali manfaat dari berkurban, yaitu: seperti ynag di kutip dari liputan6:

Mensyukuri Nikmat Allah SWT
Banyak nikmat yang Allah berikan kepada kita, seperti halnya sehat, nafas, dan kemampuan yang kita miliki. Berkurban adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah Allah berikan dengan menyisihkan sebagian harta kita untuk berkurban.

Jadi Motivasi Untuk Lebih Kerja Keras
Ciri keislaman seseorang salah satunya adalah berkurban. Seperti dinyatakan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda. "Barang siapa yang mendapat dirinya dalam keadaan lapang, lalu dia tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat Sholat Ied Kami" [HR Ahmad dan Ibnu Majah] Hadist ini juga bermakna bahwa orang yang mempunyai harta yang cukup, wajib baginya untuk berqurban.

Berkurban Lebih Baik daripada Bersedekah Senilai Hewan Kurban
Seperti dalam sebuah hadist. Ibul Qayyim berkata, "Penyembelihan yang dilakukan pada waktu mulia lebih afdhol daripada sedekah senilai penyembelihan tersebut. Oleh karenanya, jika seseorang bersedekah untuk menggantikan kewajiban penyembelihan pada manasik tamattu' dan qiron meskipun dengan sedekah yang bernilai berlipat ganda, tentu tidak bisa menyamai keutamaan udhiyah" [Shahih Fiqh, 2:379] Banyak yang berpikir bahwa uang yang kita keluarkan saat berqurban bisa ditunda di lain waktu. Padahal, mengurbankan di waktu yang telah ditentukan itu sesungguhnya lebih baik daripada bersedekah senilai hewan kurban.

Terciptanya Rasa Kepedulian Terhadap Sesama
Proses penyembelihan hewan kurban dapat menciptakan rasa solidaritas kepada sesama. Membawa hewan kurban ke tempat penyembelihan, lalu menyembelihnya dengan bekerja sama, dan disaksikan secara bersama-sama pula, secara tidak langsung menumbuhkan solidaritas sesama kaum musilimin. Setelah itu, daging kurban didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan, sehingga terciptalah rasa kepedulian dan berbagi kepada sesama 
 
Ada Kebaikan dari Setiap Helai Bulu Hewan Kurban
Berkurban memiliki pahala senilai setiap helai bulu hewan qurban. Pernyataan tersebut berdasarkan sebuah hadist, dari Zaid bin Arqam bertanya kepada Rasulullah SAW: 
 
"Wahai Rasulullah SAW apakah kurban itu?" 
 
Rasulullah menjawab: "Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.

Mereka kemudian bertanya lagi, "Apa keutamaan yang akan kami peroleh dengan berqurban?",
 Rasulullah SAW menjawab, "Setiap helai rambutnya adalah satu kebaikan," 
 
Mereka bertanya, "Kalau bulu-bulunya?" 
 
Rasulullah menjawab: "Setiap helai bulunya juga bernilai satu kebaikan," [HR Ahmdan dan Ibn Majjah] 
 
Mendapatkan Rezeki yang Berlipat Ganda
Jika Anda menyisihkan sebagian harta Anda di jalan Allah SWT, termasuk berkurban, maka akan mendapat balasan yang berlipat ganda. Asalkan niat kurban tersebut ikhlas, dan tidak mengharapkan balasan kebaikan atau pujian dari pihak lain. Dengan jaminan Allah SWT seperti ini, masih ragukah Anda untuk berkurban?

Dengan begitu banyak manfaat dan hikmahnya berkurban seperti yang dijabarkan di atas, Anda tentu ingin sekali bisa menyisihkan sebagian harta Anda dengan membeli hewan kurban untuk sesama yang membutuhkan. Kini Anda pun semakin dimudahkan dengan adanya kurban online oleh lembaga yang terpercaya. Daging hewan kurban pun akan mereka salurkan ke pihak-pihak yang tepat.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory