Kopi jadi lebih pahit kalau diminum pakai cangkir putih, kamu percaya?

Yakin deh, nggak ada orang di dunia ini yang nggak suka minum kopi. Selain rasanya yang memang nikmat, entah diminum dingin ataupun panas, kopi juga diketahui memiliki kandungan kafein yang terbukti bisa bikin mata jadi melek. Yang hobi begadang atau mesti belajar untuk ujian pasti akrab banget sama minuman satu ini.


Tapi jangan asal sembarang menggunakan gelas saat minum kopi ya? Menggunakan cangkir berwarna putih justru bisa bikin rasa kopi jadi lebih pahit lho! Wah, masa sih?

Dikutip brilio.net dari Newstalk, Sabtu (8/8), sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal akademis Falvour mengatakan bahwa warna cangkir ternyata bisa mempengaruhi persepsi kita terhadap rasa kopi yang kita minum. Cangkir kopi berwarna putih, menurut George Van Doorn, sang kepala peneliti riset ini, diyakini bisa membuat kopi yang diminum terasa lebih pahit.

Studi ini sendiri dilakukan dengan meminta responden penelitian untuk meminum kopi yang disajikan dalam berbagai macam warna cangkir. Hasilnya, kebanyakan orang tidak memilih untuk meminum kopi dari cangkir yang berwarna putih karena dinilai pahit rasanya. Mereka lebih memilih cangkir berwarna bening atau biru yang diklaim terasa lebih manis. Kenapa bisa begitu?

Menurut analisis George, hal ini disebabkan karena kontras warna antara kopi dan gelasnya disebut sebagai salah satu faktor yang bisa mempengaruhi persepsi peminum terhadap kopi mereka. Sehingga, George pun menyarankan bagi mereka yang berencana untuk berbisnis kedai kopi, diharapkan untuk mempertimbangkan kembali warna cangkir yang dipilihnya.

Sudahkah kamu minum kopi hari ini? Pakai cangkir warna apa?
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory