Manfaat Penting Kacang Hijau Bagi Kesehatan

Lebih modern lagi, kacang hijau dijadikan makanan dalam bentuk tepung untuk berbagai macam makanan seperti es krim, kue juga mie soun. Rasanya yang sangat khas, lezat dan gurih membuat siapapun tergoda untuk mencobanya. Kacang hijau juga digunakan sebagai sayuran dalam bentuk kecambah atau tauge.
Kacang Hijau
Kacang hijau memang dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan gizi dan nutrisi kacang hijau. Beberapa kandungan gizi kacang hijau yang terkenal adalah Serat, Vitamin A, Zat Karatenoid, Zeaxanthin, Mineral Essensial, Vitamin B6, Rendah Kalori, Asam Folat, Protein dan Karbohidrat, Vitamin B1 dan B2, serta berbagai mineral seperti potasium, phosphorus, manganese, kalsium, magnesium, besi, zinc dan selenium.
Banyaknya kandungan gizi dan nutrisi menjadikan kacang hijau salah satu primadona makanan di beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Kacang hijau memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan.

1. Mengurangi kadar kolesterol darah

Kandungan Omega 3 atau lemak sehat dalam kacang hijau terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

2. Melancarkan sistem pencernaan

Serat yang terdapat dalam kacang hijau memiliki fungsi sebagai pencahar dan melindungi selaput lendir yang terdapat dalam usus besar sehingga membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

3. Membantu program diet

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, namun mengandung karbohidrat cukup rendah sekitar 19gr/100gr. Karenanya sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang menjalani program diet dan program pembentukan badan.

4. Meningkatkan energi dan metabolisme

Kacang hijau memiliki kandungan mineral dan berbagai vitamin B yang dapat membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh.

5. Menghindari risiko bayi cacat lahir

Baik dikonsumsi ibu hamil. Kandungan protein kacang hijau sangat baik untuk mencegah risiko bayi cacat saat sejak lahir. Selain itu, mengkonsumsi kacang hijau juga membantu ibu hamil tidak mudah kelelahan karena kacang hijau juga mengandung karbohidrat.

6. Membantu kepadatan tulang bayi

Kandungan mineral kalsium kacang hijau membantu kepadatan tulang bayi. Karenanya, kacang hijau baik sekali dijadikan asupan bagi bayi dan balita.

Tips :

Untuk mendapatkan manfaat kacang hijau secara maksimal, ada hal yang harus diperhatikan saat mengolahnya. Seperti kebanyakan sayuran hijau, merebus kacang hijau bisa menghilangkan beberapa kandungan nutrisi di dalamnya terutama vitamin C dan mineral.
Cara terbaik adalah dengan merendamnya semalaman agar saat merebusnya di pagi hari tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Semakin lama merebus, semakin banyak nutrisi yang terbuang sia-sia.
Bubur Kacang Hijau
Bubur Kacang Hijau
Onde onde isi kacang hijau
Onde onde isi kacang hijau
Onde Onde isi kacang hijau
Onde Onde isi kacang hijau
Rempeyek kacang hijau
Rempeyek kacang hijau
Kue Pia Kacang Hijau
Kue Pia Kacang Hijau
Kue gandasturi kacang hijau
Kue gandasturi kacang hijau
Minuman Sari Kacang Hijau
Minuman Sari Kacang Hijau
Selamat menikmati kacang hijau !
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.