Bikin Kaki Gemetar, Hewan Ini Hidup Hanya di Pinggir Jurang

Pernahkah terbayang agan-agan sekalian hidup dan tinggal di tebing yang curam atau di pinggir jurang? kira-kira gimana ya rasanya tidur, makan, minum, boker di kemiringan yang ekstreem?

Dan sebenarnya ada mamalia yang bisa ngelakuin itu semua tanpa masalah sedikitpun. Kalo gitu langsung kita bahas di bawah


Mountain Goat alias Kambing Gunung

Kambing Gunung (Oreamnos americanus) adalah mamalia berkuku yang mempunyai tanduk pendek, bengkok, dan berwarna hitam. pinggiran kukunya tajam, melingkupi telapak yang lunak di bagian dalam. Dengan kukunya ini ia mencengkeram batu karang. Binatang ini lebih tepat dinamakan kambing Rocky Mountain.
Sebenarnya binatang itu bukan kambing, melainkan sejenis antilop seperti halnya kijang dan rusa.

Kambing gunung dapat dijumpai pada wilayah yang memiliki tebing-tebing terjal, mulai dari Alaska ke Amerika Serikat (Rocky Mountains), dan menyebar juga ke sebagian Asia tengah, termasuk India, binatang ini mampu menampilkan kemampuan memanjat yang melebihi hewan lain, dan juga melebihi manusia. Kambing gunung memiliki kuku terbelah dengan dua jari kaki yang dapat melebar untuk meningkatkan keseimbangan. Bantalan kasar di bagian bawah telapak kakinya, memberikan cengkeraman seperti sepatu mendaki alami. Kambing gunung kuat tetapi gesit dan dapat melompat hingga hampir 12 kaki (3,5 meter). Disebut kambing gunung karena umumnya ditemukan di pegunungan atau dataran tinggi. O iya, karena kemampuannya memanjat tebing tinggi serta batuan terjal, kambing ini juga sering disebut Kambing Pendaki atau Rocky Mountain.

Kambing Rocky Mountain adalah pendaki yang terampil dan dapat berjalan pada tebing yang curam serta melintasi es. Bulunya tebal, panjang, berwarna putih; membentuk bulu tengkuk dipunggungnya. Bulunya yang putih memudahkan dia untuk bersembunyi di salju dari musuh-musuhnya. Makanannya terdiri dari lumut dan tumbuhan gunung yang lain.


Kambing gunung ini kalo nyari makan bisa ditemukan di ketinggian 13.000 kaki / hampir 400 m lebih.









pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory