Bahaya Mencuci Daging Ayam Mentah Sebelum Memasaknya


Mencuci ayam sebelum memasaknya hampir dilakukan oleh semua orang. Tujuannya jelas yaitu untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel dan semua resep masakan meminta Anda untuk mencuci ayam yang hendak dimasak. Ternyata hal tersebut merupakan aktifitas yang tidak perlu dilakukan karena mencuci daging ayam mentah justru bisa menyebarkan bakteri ke sekeliling dapur.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jennifer Quinlan dari Drexel University, Philadelphia, mencuci daging ayam mentah hanya akan menghilangkan kotoran yang terlihat tapi tidak akan menghilangkan bakteri apalagi membunuhnya. Proses pencucian justru akan memudahkan penyebaran bakteri ke udara yang disebut aerolisasi.


Hasil penelitian yang didukung oleh Departemen Pertanian Amerika (USDA) tersebut menggambarkan bahwa percikan air dari keran yang digunakan untuk mencuci ayam akan menyebar ke area sekitar, bakteri akan menyebar ke alat potong, wadah, dan juga baju. Percikan air ini mengandung bakteri seperti Salmonella sp dan juga E.coli.

Penyakit akibat bakteri salmonella disebut salmonellosis. Ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis adalah diare, keram perut, muntah-muntah dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah memakan makanan yang terkontaminasi oleh Bakteri tersebut. Salmonella juga dapat menyebabkan penyakit demam tifus (Typhoid fever), karena invasi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis. Infeksi Salmonella dapat berakibat fatal kepada bayi, balita, ibu hamil dan kandungannya serta orang lanjut usia. Hal ini disebabkan karena kekebalan tubuh mereka yang menurun.

Jika tidak boleh dicuci lantas bagaimana membersihkannya? Alternatif lain untuk membersihkan ayam sebenarnya bisa Anda lakukan, yaitu dengan mengelap ayam mentah dengan lap yang dibasahi dengan cuka atau air jeruk lemon. Untuk menghilangkan bakteri secara tuntas, cukup memasaknya dengan teknik yang tepat menggunakan temperatur panas minimal 73,9 derajat Celcius.

Yang perlu diingat dan diperhatikan adalah, Anda harus benar-benar memastikan bahwa tangan, pisau, talenan, dan juga permukaan dapur di sekitar tempat Anda memotong ayam harus bersih. Pakailah talenan yang tidak berpori seperti kayu ketika memotong ayam mentah, gunakan talenan berbahan plastik atau alasi talenan kayu anda dengan plastik ketika memotongnya. Karena bakteri Salmonella Sp dan E coli dapat meresap masuk kedalam lubang pori kayu.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory