Tips Menjadi Ibu Tiri yang Baik


Penggambaran sosok ibu tiri yang terbentuk dalam banyak film, seperti filmCinderella yang saat ini banyak diputar di bioskop tanah air, seringkali menciptakan momok yang menakutkan. Ibu tiri diperlihatkan sebagai wanita yang kejam dan sangat membenci anak tirinya. Hal inilah yang sering membuat seorang anak berantipati terhadap kehadiran ibu tiri. Akibatnya, para wanita yang menikahi duda yang sudah memiliki anak seringkali kesulitan dalam membina hubungan dengan sang 'anak tiri'.

Jika Anda mengalaminya, butuh keberanian, kasih sayang, dan kesabaran dalam diri Anda untuk menghadapi ketakutan sang anak. Dengan begitu, perlahan Anda juga bisa mengubah pandangan negatif tentang ibu tiri di mata anak-anak suami Anda. Berikut tips lain untuk mempererat ikatan dengan anak tiri Anda.

1. Cari Informasi & Pendapat
Tidak ada salahnya jika Anda mulai belajar bagaimana mengasuh seorang anak dengan penuh kasih sayang, meskipun ia bukan anak kandung Anda. Anda juga bisa berbagi tentang ketakutan Anda, minta saran, dan cerita dari orangtua lain yang juga memiliki anak tiri. Anda juga dapat membaca buku tentang pengasuhan anak dan orangtua angkat, menonton film, dan program yang berhubungan dengan cara mengasuh anak tiri.

2. Tunjukkan Kasih Sayang
Berikanlah kasih sayang Anda seperti pada anak kandung Anda sendiri. Berikan perhatian yang cukup dan penuhi kebutuhan mereka. Seiring berjalannya waktu, mereka pun akan menyadari ketulusan Anda.

3. Bangun Rasa Aman & Nyaman
Berikan rasa nyaman, aman, dan kepercayaan kepada mereka. Lebih baik lagi, hal ini dimulai sejak sebelum Anda menikah dengan ayahnya. Bila Anda juga memiliki anak kandung, usahakan untuk memberikan perlakuan yang adil terhadap mereka untuk menghindari persaingan antara saudara atau sibling rivalry.

4. Lebih Sabar
Tidak perlu terburu-buru dan memaksa agar kehadiran Anda diterima olehnya. Bagi seorang anak, menerima sosok ibu baru dalam kehidupan mereka memang tidak mudah. Beri waktu pada mereka untuk beradaptasi dengan Anda, hingga ia terbiasa dan benar-benar menerima Anda.

5. Sentuhan
Sentuhan merupakan elemen kunci dalam sebuah ikatan. Awalnya mereka mungkin akan lebih kaku ketika Anda mencoba mendekatkan diri. Namun, mulailah secara bertahap dan lembut, misalnya meminta izin untuk menyisir rambutnya, dan duduk santai bersama ketika berbicara atau menemaninya bermain, hingga membaca buku bersama. Dekapan, pelukan, dan sentuhan sederhana juga bisa menciptakan kehangatan antara Anda dan Si Kecil.

6. Minta Pendapat Suami
Sebagai ayah kandungnya, suami Anda tentu akan lebih mengenal anak-anaknya. Minta pendapat suami Anda untuk berbagai solusi yang berhubungan dengan anak tiri Anda. Ia akan memberi tahu mana yang disukai atau tidak disukai anak-anaknya, sehingga Anda bisa lebih mengenal dan mengerti Si Kecil.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory