Pesawat UFO Rahasia Militer Amerika


Dipopulerkan oleh media pada tahun 1950, istilah 'piring terbang' kini sudah menjadi 'UFO', yang terkait dengan pengunjung asing dari luar Bumi.Tapi itu tidak berarti bahwa perusahaan penerbangan tidak pernah bereksperimen dengan desain seperti itu.

Salah satu contohnya adalah VZ-9 Avrocar yang dibangun oleh Avro Kanada pada tahun 1958.VZ-9 Avrocar di rancang sebagai pesawat pembom yang mampu melesat cepat dan lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL).Namun dalam kenyataannya,desain retro futuristik ini mengalami kegagalan total yang hanya mencapai ketinggian 3 meter dan tidak pernah melampaui kecepatan lebih dari 35 mph.



Meskipun diprakarsai oleh pemerintah Kanada pada tahun 1952, pendanaan proyek ini karena terlalu mahal.Avro Canada berpaling kepada Angkatan Darat dan Angkatan Udara AS, yang berusaha mengembangkan pesawat dari 1958 dalam sebuah top secret black project.

Desain ini memanfaatkan gas buang dari tiga mesin turbojet yang melingkar di sisinya.Bila diarahkan ke bawah, turbotrotor yang menghasilkan bantalan udara yang dikenal sebagai 'efek tanah', memungkinkan pesawat untuk 'melayang' di ketinggian rendah.Pada akhirnya,sebuah dorongan memaksa Avro untuk melaju terbang ke arah depan.


Syarat yang berbeda untuk setiap cabang militer.Angkatan darat ingin mempunyai kendaraan yang memiliki kecepatan subsonik serta sebagai pengangkut pasukan di segala medan dan pesawat pengintai.Sementara Angkatan Udara mencari sebuah jet VTOL yang tidak terlihat oleh radar musuh dan mempunyai kecepatan supersonik.


Meyakini bahwa planform melingkar akan memenuhi kedua persyaratan terpisah, Avro Canada membuat dua demonstrasi teknologi untuk membuktikan konsepnya.Tapi tes memperlihatkan bahwa Avrocar tidak mampu mencapai kecepatan supersonik dalam tes terbang dan hanya beberapa meter dari tanah, bantalan udara di bawah jet menjadi tidak stabil.



Tidak dapat memperbaiki masalah tersebut,proyek ini dibatalkan tahun 1961.

Avrocar Saat Ini

Dua demonstrasi pesawat Avrocar yang telah dibangun.Salah satunya di restorasi di US Army Transportation Museum di Virginia.Yang kedua disumbangkan ke National Air and Space Museum.Sebuah replika skala penuh dapat dilihat di Museum Penerbangan Kanada Barat di Winnipeg, Manitoba.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory