Miliarder yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol


Baru-baru ini Facebook mengumumkan akuisisi atas WhatsApp, aplikasi percakapan yang sedang populer di kalangan pengguna ponsel pintar dunia.

Dengan akuisisi tersebut, salah satu pendiri WhatsApp, Jan Koum langsung masuk ke dalam daftar miliarder baru dunia. Tak ada yang menyangka, Koum dahulu adalah orang miskin.

Keluarga Koum bermigrasi ke Amerika Serikat dari Ukraina dua dekade yang lalu dan sepenuhnya hidup bergantung pada tunjangan sosial. Namun, hari ini jumlah kekayaan yang dimilikinya diperkirakan lebih dari US$6,8 miliar.

Dilansir Business Insider, berikut adalah miliarder yang tidak hanya sukses membangun bisnisnya dari nol, tetapi mereka juga masuk dalam daftar miliarder baru dunia.

Cerita-cerita perjuangan mereka mengumpulkan pundi-pundi kekayaan mengingatkan kita semua bahwa siapapun bisa mencapai sukses luar biasa melalui tekad, ulet, keinginan yang kuat dan sedikit keberuntungan.

1. Jan Koum

Dia adalah CEO dan salah satu pendiri WhatsApp. Jumlah kekayaan yang dimiliki pria berusia 37 tahun itu, menurut Forbes sekitar US$6,8 miliar.

Saat berusia 16 tahun, Koum bermigrasi ke Amerika Serikat dari Ukraina. Mereka hidup sangat terbatas dan sepenuhnya bergantung tunjangan sosial dari pemerintah.

Koum membantu menyapu di toko kelontong. Pada 2009, dia dan temannya, Brian Acton, meluncurkan aplikasi pesan di kalangan pengguna ponsel pintar untuk menghubungkan orang di seluruh dunia. Saat ini pengguna WhatsApp mencapai 450 juta pengguna. 

2. Kenny Troutt

Dia adalah pendiri Excell Communications. Menurut data, jumlah kekayaan yang dimilikinya sebesar US$1,7 miliar.

Troutt hanya dibesarkan oleh ayahnya. Karena terbentur biaya, dia menjual asuransi jiwa untuk masuk ke Southern Illinois University. 

Dia mengumpulkan pundi-pundi kekayaannya dari Excell Communications yang ia dirikan pada 1988. Pada 1996 perusahaan itu resmi menjual sahamnya ke publik.

Dua tahun kemudian, Troutt menggabungkan perusahaan miliknya dengan Telegrobe dalam kesepakatan US$3,5 miliar. Saat ini Troutt memilih pensiun dan memiliki investasi yang besar pada sebuah pacuan kuda.

3. Howard Schultz

Dia adalah pemilik Starbucks. jumlah kekayaan yang dimilikinya yakni sebesar US$2 miliar. Schultz dibesarkan pada suatu perumahan miskin.

"Saya selalu merasa tumbuh pada kondisi yang berbeda dengan orang lain, mereka memiliki banyak sumber daya, lebih banyak uang, dan keluarga yang bahagia. Dan entah dengan alasan apa, mengapa dan bagaimana, saya sering memanjat pagar melihat mereka. Saat ini saya telah memiliki jas dan dasi, tetapi saya selalu sadar dari mana asal saya dahulu," ujar Schultz dalam sebuah wawancara dengan salah satu tabloid asal Inggris, Mirror.

Schultz akhirnya berhasil mendapatkan beasiswa sepak bola di University of Northern Michigan dan bekerja di Xerox setelah lulus.

Tak lama setelah itu, dia mengakuisisi sebuah kedai kopi Starbucks yang pada saat itu hanya memiliki 60 gerai.

Schultz menjadi CEO perusahaan itu pada 1987 dan berhasil mengembangkan Starbucks yang saat ini memiliki lebih dari 1.600 outlet di seluruh dunia.

4. Ken Langone

Jumlah kekayaannya sebesar US$2,1 miliar. Ayahnya bekerja sebagai tukang ledeng, sedangkan ibunya menjadi pelayan di kantin.

Untuk membantu membayar sekolahnya di Bucknell University, iapun bekerja serabutan dan orang tuanya menggadaikan rumah mereka.

Pada 1968, Langone bekerja di Ross Perot untuk mengakuisisi Electronic Data Systems (HP). Hanya dua tahun kemudian, ia kemudian bermitra dengan Bernard Marcus untuk mendirikan Home Depot, perusahaan ini go public pada 1981.

5. Oprah Winfrey

Jumlah kekayaannya  sebesar US$2,9 miliar. Winfrey dilahirkan pada sebuah keluarga yang miskin di Mississippi, tetapi tidak menurunkan semangatnya untuk bisa mendapatkan beasiswa di Tennessee State University dan menjadi koresponden wanita Afrika pertama di TV Amerika Serikat.

Pada 1983, Winfrey pindah ke Chicago untuk bekerja di sebuah talk show yang kemudian dikenal "The Oprah Winfrey Show".

6. Shahid Khan

Jumlah kekayaannya yang dia miliki yakni sebesar US$3,8 miliar. Saat ini dia masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.

Tak ada menyangka, dahulu untuk memenuhi kebutuhan dan biaya kuliah, Khan bekerja mencuci piring dengan bayaran US$1,2 per jam. Itu dia lakukan selama kuliah di University of Illinois.

Saat ini Khan adalah pemilik Flex-N-Gate, salah satu perusahaan manufaktur suku cadang mobil terbesar di Amerika Serikat.

Selain itu, dia juga memiliki klub NFL Jacksonville Jaguars dan klub sepak bola Fulham, Premier League.

7. Kirk Kerkorian

Jumlah kekayaan yang dimilikinya yakni sebesar US$3,9 miliar. Dahulu, untuk membantu meringankan keuangan keluarganya yang merupakan imigran dari Armenia, Kerkoin memutuskan untuk drop out dari sekolah menengah pertama dan memilih menjadi petinju.

Selama perang dunia kedua, Kerkoin bekerja di Royal Air Force, Inggris. Tetapi, kemudian dia merubah minatnya menjadi membangun banyak resot dan hotel terbesar di Las Vegas. Kini, dia menjadi pemilik raksasa resot.

8. John Paul DeJoria

Jumlah kekayaan yang dimilikinya sebesar US$4 miliar. Pada usia 10 tahun, untuk membantu menghidupi keluarganya, dia menjual koran dan kartu Natal. 

Karena orang tuanya sudah tidak mampu lagi untuk menghidupinya, diapun dikirim ke sebuah panti asuhan. Iapun menghabiskan beberapa waktu di panti asuhan tersebut sebelum akhirnya memilih bergabung dengan militer.

Dia kemudian memberanikan diri meminjam US$700 dan menciptakan Paul Mitchell Systems. Dia menjual shampo dari pintu ke pintu dan tinggal di dalam mobil tua miliknya karena tidak memiki tempat tinggal.

Saat ini dia menjadi pemilik Patron Tequila dan memiliki investasi di beberapa industri lain.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory