Hijaber Cantik Ini Membuat Jepang Kagum Kehebatan BJ Habibie

Lewat sebuah karya tulis, Farikhatul Jannah, mahasiswa jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang (Unnes) menunjukkan kepada negara lain. Dia mengabarkan bahwa Indonesia punya tokoh hebat yang cerdas.



Ika, begitu panggilan akrabnya. Lewat karya tulis mengenalkan mantan Presiden BJ Habibie kepada masyarakat Jepang. Lewat tulisan itu dia keluar sebagai jawara dalam Japanese Experience Contest yang diadakan PT Kyoritsu.

Keluar sebagai pemenang, Ika menerima hadiah berupa kunjungan ke Jepang selama tujuh hari dengan biaya penuh dari penyelenggara. Bersama empat pemenang lainnya, Ika akan menjelajah Negeri Sakura itu pada Januari mendatang.

Gadis berhijab ini mengambil tema "Watashi ga nihonjin ni shoukai shitai Indonesia no yuumeijin" atau "Memperkenalkan orang terkenal di Indonesia kepada orang Jepang". Pada kesempatan itu, dia mengambil subjek BJ Habibie.

Tercatat 100 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti seleksi awal. Namun setelah seleksi berkas berhasil tersaring 58 peserta untuk mengikuti babak final di Jakarta.

Kemudian, 58 orang itu diseleksi lagi dengan kuis mengenai ekonomi, bisnis, budaya, politik, dan sebagainya yang terkait dengan Jepang.

Dari 58 orang peserta dipilih 15 orang terbaik untuk final pidato bahasa Jepang selama lima menit.

Setiap peserta diberikan tiga tema oleh panitia dan harus memilih salah satunya. Setelah pidato tersebut maka dipilihlah lima orang pemenang utama yang akan berangkat ke Jepang.

Pencapaian Ika patut dicatat secara khusus. Sebab, di antara lima pemenang, tiga orang di antaranya merupakan peserta yang berprofesi dalam bidang bahasa Jepang dan bahkan pernah pergi ke Jepang.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory