Transportasi Masa Depan dari Korea Selatan

Korea Selatan tidak henti-hentinya membuat inovasi-inovasi dalam bidang teknologi. Salah satu yang terbaru adalah teknologi untuk transportasi pribadi dan masal di salah satu kota di Korea Selatan yakni Kota Gumi. Kendaraan yang diberi nama Online Electric Vehicle (OLEV) yang dikembangkan oleh Korea Advanced Institut Sains and Teknologi (KAIST) ini adalah kendaraan listrik yang dapat dicharge saat berada di stasiun pengisian atau saat mobil sedang berjalan. Sehingga kendaraan ini tidak harus selalu berhenti di sebuah stasiun pengisian.


Kendaraan ini dapat mengisi bahan bakar secara wireless melalui penerapan teknologi berbentuk Medan Magnet dengan Resonansi. SMFIR (Shaped Magnetic Field in Resonance) adalah teknologi terbaru yang diperkenalkan oleh KAIST yang memungkinkan kendaraan listrik untuk mentransfer listrik secara nirkabel dari permukaan jalan sambil bergerak.

Power listrik berasal dari kabel listrik yang terkubur di bawah permukaan jalan, sehingga tercipta medan magnet. Ada perangkat penerima yang dipasang pada bagian bawah bodi mobil dari OLEV yang mengkonversi bidang tersebut menjadi listrik. Panjang strip listrik yang dipasang di bawah jalan umumnya 5 - 15% dari seluruh jalan, hanya membutuhkan beberapa bagian jalan yang ditanam kabel.

Kendaraan ini sudah diuji coba sebanyak 2 bus dengan rute dalam kota antara Stasiun Kereta Gumi dan kabupaten In-dong dengan jarak 24 km pulang pergi. Bus akan menerima daya 20 kHz dan 100 kW (136 tenaga kuda) listrik pada tingkat 85% daya maksimum transmisi efisiensi dengan mempertahankan celah udara antara 17cm di bagian bawah bodi kendaraan dan permukaan jalan.

Setelah pengoperasian bus ini sukses hingga akhir tahun ini, Kota Gumi berencana untuk menyediakan lebih dari sepuluh bus seperti ini seperti tahun 2015. Bagaimana dengan Indonesia?
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory