5 Bahasa tubuh yang bikin para motivator sukses



Kamu pasti pernah menghadiri sebuah presentasi yang sangat berkesan meskipun materi yang disampaikan biasa saja. Kadang ada pula presentasi yang menjelaskan topik penting yang sedang hangat dibicarakan, tetapi justru terasa membosankan. Kenapa bisa begitu?

Kesuksesan sebuah presentasi tak hanya ditentukan oleh materi yang ditampilkan. Kadang materi bernilai informasi yang dikemas sebaik dan semenarik apapun bisa gagal menarik perhatian ketika disampaikan dengan cara yang salah.

Individu yang menampilkan materi juga memegang peranan penting bagi kesuksesan presentasi. Perhatikan motivator ulung seperti Mario Teguh. Apa rahasianya agar bisa menarik perhatian penuh pemirsa? Gestur dan sikap tubuh. Berikut ini bahasa tubuh penting ala motivator dari situs Entrepreneur yang bisa kamu contek.

1. Sikap tegak dan rileks
Untuk memberikan kesan bersemangat namun tetap rileks, usahakan agar kamu berdiri dalam posisi tegak selama presentasi. Busungkan dada dan dorong bahu ke belakang. Ini juga berguna membuatmu bernapas lebih baik dan merasa rileks.

2. Tersenyum
Senyuman adalah senjata terampuh untuk menarik perhatian pemirsa. Kamu harus selalu tersenyum agar pemirsa merasa nyaman. Dan pastikan senyummu terlihat tulus serta antusias.

3. Gerakan kecil
Gerakan tangan, lengan, atau kepala yang sederhana bisa membuat orang lain tertarik untuk memperhatikan. Selain itu gerakan ini juga membuat kita terlihat bersemangat. Tentunya ini bisa menjadi nilai lebih di mata para pemirsa.

4. Kontak mata
Kontak mata adalah salah satu gestur penting untuk membuat orang memperhatikan apa yang kita katakan. Tetapi dengan pemirsa yang berjumlah banyak, tentunya sulit untuk menjaga kontak mata. Untuk itu kamu perlu sering-sering menyapukan pandangan kepada pemirsa.

Jangan sampai matamu terfokus pada tembok, lantai, atau layar proyektor selama presentasi. Jaga agar pandanganmu selalu terarah kepada pemirsa agar mereka merasa diajak bicara secara personal.

5. Berjalan
Untuk menghindari kejenuhan penonton, pastikan untuk berpindah posisi setiap menyampaikan beberapa poin.

Itulah lima bahasa tubuh penting ala motivator yang bisa membantumu sukses dalam presentasi.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.