Tempat Persinggahan Terakhir 2 Juta Ban Bekas

Osborne Reef dikenal sebagai kuburan bawah air untuk 2 juta ban yang dilemparkan ke sana pada 1970-an. Ban-ban itu dibuang ke laut dalam upaya membuat terumbu buatan, namun sayangnya operasi ekologi itu gagal total.



Lokasi situs ini berada sekitar 7.000 meter dari lepas pantai Sunrise Avenue di Fort Lauderdale, Florida. Selama bertahun-tahun, ban-ban itu terbawa arus karena badai tropis dan angin topan, yang kemudian menyebabkan kerusakan di sekitar terumbu karang yang ada di dasar laut. Empat puluh tahun kemudian, ban-ban itu masih tetap ada dan itu telah mengancam kehidupan bawah laut Florida.

Osborn Reef merupakan gagasan dari kelompok nirlaba yang disebut Broward Artificial Reef, atau BARINC, terdiri dari kelompok nelayan. Mereka memiliki ide untuk menciptakan sebuah karang dari ban bekas yang menumpuk di sekitar kota dan daerah pedesaan. Ide itu tercetus ketika belum ada yang tahu tentang sistem daur ulang.

Mereka yakin bahwa karang di dasar laut akan menempel dan tumbuh di ban-ban itu. Mereka juga berpikir bahwa ban-ban itu bisa menyediakan habitat tambahan bagi kehidupan laut di perairan Florida. Dengan dukungan dari US Army Corps of Engineers dan lebih dari 100 kapal milik pribadi, jutaan ban itu ditempatkan di area seluas lebih dari 36 hektar di dasar lautan.

The Goodyear Tire dan Rubber Company menyediakan peralatan untuk proyek itu. Ban-ban itu kemudian diikat bersama dengan klip baja dan tali nilon, lantas diturunkan ke dasar laut. Namun, air garam membuat klip baja itu berkarat dengan cepat dan menyebabkan ban-ban itu terpisah.

Ban-ban itu tidak hanya menghancurkan semua kehidupan yang ada di bawah laut, namun mereka juga mencegah pertumbuhan organisme baru. Selain itu, ban yang terbawa arus telah merusak terumbu karang yang ada di daerah tersebut. Sejauh ini, ada ribuan ban yang telah ditarik dari pantai.

Sejak tahun 2001, beberapa organisasi telah berusaha untuk membersihkan ban-ban itu dari laut, tetapi biaya yang dibutuhkan untuk proyek tersebut sangatlah mahal. Pada tahun 2007, setelah militer Amerika Serikat mengambil peran aktif dalam proses pembersihan itu, biaya untuk proyek itu dapat ditekan secara signifikan. Pada 2009, ada 73.000 ban yang telah diambil. Dari 2 juta ban yang dibuang ke laut, ada 700.000 ban yang masih menumpuk di lepas pantai Fort Lauderdale.








pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory