Pantai di Tegal ini Penuh dengan Ubur-Ubur

Ubur-ubur tidak hanya banyak di Kalimantan saja. Di Pantai Alam Indah, Tegal jika datang pada pagi hari, kita dapat melihat begitu banyak ubur-ubur di tepi pantai. Saking banyaknya, seperti kolam ubur-ubur.



Selamat pagi dari Pantai Alam Indah, Tegal. Dengan tiket masuk sebesar seribu rupiah, para pengunjung bisa berjalan menyusuri pantai dan bermain air di pinggir pantai.

Pagi itu, suasana pantai relatif sepi. Pengunjung banyak berasal dari luar Tegal, melengkapi waktu liburan panjang saat libur beberapa waktu lalu. Laut masih tenang, belum ada ombak yang menggulung menghampiri daratan, tetapi mata menangkap fenomena yang belum pernah saya lihat sebelumnya.

Jujur saja, saya belum pernah mengunjungi pantai di Timur Indonesia, di mana para wisatawan bisa dengan mudahnya melihat ubur–ubur, bahkan menyelam bersama ubur–ubur yang tidak menyengat. Tapi mendekati bib*r Pantai Alam Indah, ratusan ubur–ubur berenang menuju pantai pagi itu.

Ubur–ubur mayoritas berwarna putih dan ada satu dua di dalam koloni tersebut yang berwarna merah. Menyengat atau tidak, jalan amannya adalah tidak berenang di dekat ubur–ubur tersebut.

Lama-lama saya perhatikan dari jembatan yang sudah dalam keadaan rusak. Bila mau ke ujung jembatan tersebut, harus melewati tiang bangunan di pinggirnya karena tidak ada kayu atau media apapun untuk memijak. Ternyata ubur-ubur tersebut menuju ke bibir pantai, entah karena terbawa arus ombak laut.

Seperti tidak peduli, pengunjung anak–anak melompat dari kerangka jembatan dan berenang melewati koloni hewan laut tersebut. Apakah mereka selamat dari sengatan tentakelnya atau muncul ke permukaan laut dengan gatal-gatal, saya tidak menunggunya.

Lalu terdamparlah mereka, ubur–ubur yang tidak bisa berjuang berenang kembali ke tengah laut. Puluhan ubur–ubur mati di bibir pantai tersebut, bergeming.

Beberapa pengunjung yang penasaran mencoba mengambil hewan laut tersebut dengan hanya memegangi kepalanya, dan menghindari sengatnya yang tipis–tipis tersebut.

"Seperti agar–agar," ucap salah satu pengunjung yang dengan penasaran menekan kepala hewan laut itu. Mau mencegah ubur–ubur tersebut mau bagaimana, ombak yang terkesan kecil tersebut tetap akan menyeret mereka kembali ke bibir pantai.










pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory