Kuil Unik Terbuat dari Jutaan Botol Bir Bekas

Wat Pa Maha Chedi Kaew adalah kuil Buddha yang terletak di distrik Han Khun, provinsi Sisaket, Thailand. Kuil ini memiliki arsitektur unik, hampir keseluruhan kompleks terbuat dari botol bir bekas.



Dilaporkan situs Atlas Obscura, bangunan kuil, krem*torium, menara air, ruang tidur, ruang sembahyang, bungalo, atap, hingga t*ilet dibuat dari botol bekas bir berwarna cokelat dan hijau.

Pembangunan kuil ini dimulai pada tahun 1984 oleh para biarawan. Karena banyaknya sampah yang berceceran di area sekitar kuil, para biarawan kemudian mengadakan program '100 botol bir di dinding' untuk upaya daur ulang. Penduduk setempat diminta mengumpulkan 100 botol bekas bir untuk kemudian dipasang di dinding kuil.

Ternyata botol sumbangan warga terkumpul hingga 1,5 juta buah. Akhirnya botol-botol tersebut ditanam di dinding bagian luar kompleks kuil. Jumlah botol sumbangan yang terus bertambah membuat nyaris seluruh kompleks tertutup botol, hingga akhirnya nama 'kuil botol bir' dan 'kuil jutaan botol' melekat pada kuil tersebut.

Hingga sekarang, warga setempat masih menyumbangkan botol bekas dan para biarawan berniat untuk meneruskan program daur ulang mereka yang unik. Tak hanya botol yang dipakai. Para biarawan juga menggunakan tutup botol untuk membuat mosaik dan desain Buddha yang menghiasi bagian dalam bangunan.












pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.