Fenomena Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Menangis dan Tertawa

Tertawa dan menangis merupakan ekspresi diri yang pasti ada dalam setiap kehidupan manusia, tetapi tahukah kamu apa saja yang terjadi pada tubuh ketika kita menangis ataupun tertawa. Berikut penjelasanya.


Tertawa Bersama Sahabat Masa Kecil

Saat Kita Menangis
Menangis sering terjadi saat kita mengalami peristiwa atau kejadian yang menyedihkan, misalnya saat kita masih kecil kita pernah menangis saat layangan kita putus, atau bahkan hewan peliharaan kita meninggal, ataupun anda sudah dewasa setelah mengalami putus hubungan dengan sang pacar.

Tapi tahukah anda kalau air mata itu ternyata adalah racun yang keluar dari tubuh anda?

Saat kita menangis, ada jenis hormon yang bernama adrenokortikotropik, hormon yang memiliki peran penting untuk memicu produksi kortisol.Hormon korsitol adalah jenis hormon yang berkaitan dengan stres yang sedang kita alami.Ketika kita merasakan emosi yang besar dalam tubuh, maka hormon adrenokortikotropik akan bertambah dan tubuh kita akan semakin mudah merasa tergoncang. Dan, keluarlah air mata itu.

Setelah kita selesai menangis maka akan lebih merasa nyaman karena tubuh kita sedang menstabilkan tingkat senyawa kimia dari dalam tubuh dengan langsung mengeluarkan senyawa kimia stres berlebihan melalui air mata kita.

Saat Kita Tertawa
Ada mitos yang menyebutkan kalau tertawa adalah obat paling mujarab bahkan bisa sebagai penyembuh segala jenis penyakit. Tapi tahukah kamu apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh kita saat kita tertawa?

Saat kita tertawa tubuh akan terpicu untuk memproduksi hormon endorfin.Endorfin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak dibagian bawah otak kita.maka kita bisa akan mendapat perasaan nyaman, bahagia, dan berenergi.

Endorfin memiliki segudang manfaat. Beberapa diantaranya adalah bisa mengendalikan rasa sakit atau nyeri yang menetap, bisa mengatur produksi hormon seks dan pertumbuhan, mengendalikan perasaan tertekan atau stres, dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Bahkan hormon endorfin ini bisa memiliki kemampuan 200 kali lebih besar daripada morfin.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory