6 Posisi Tidur yang Memengaruhi Kesehatan Anda

Tidak hanya gaya bicara saja, ternyata posisi tidur seseorang pun bisa menjelaskan kepribadiannya.

Dalam sebuah survei yang melibatkan 1000 peserta, Profesor Chris Idzikowski, direktur Sleep Assessment and Advisory Service, menganalisis enam posisi tidur yang paling umum dilakukan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa posisi tidur tidak hanya mempengaruhi kesehatan namun juga dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Apa saja keenam posisi tersebut? Simak ulasannya berikut ini:
1. The Freefall
Posisi: Berbaring tengkurap atau telungkup dengan tangan di sekitar bantal dan kepala menghadap ke samping.
Kepribadian: Orang dengan posisi tidur tengkurap cenderung berkepribadian extrovert dan suka berteman. Walaupun demikian, mereka sering ceroboh, tampak gelisah dan mudah tersinggung.
2. The Fetus
Posisi: Posisi ini seperti posisi janin dalam kandungan, tidur menggulung, dan menghadap ke samping. Ini adalah posisi tidur yang paling umum dilakukan. Sebanyak 41 persen dari 1000 peserta, tidur dengan posisi ini.
Kepribadian: Mereka yang tidur dengan posisi meringkuk ini cenderung pemalu dan sensitif di hati. Mereka membutuhkan waktu untuk pemanasan dalam berkomunikasi dengan orang lain, namun perlahan segera mencair dan santai.
Pengaruh Kesehatan: Yang perlu diperhatikan adalah tidak semua arah (kanan atau kiri) dari posisi ini memberikan manfaat kesehatan. Tidur dengan posisi meringkuk menghadap sisi sebelah kiri dapat menyebabkan stres pada organ vital seperti liver, lambung, dan paru-paru. Jadi jika meringkuk adalah posisi favorit anda, pastikan atur posisi anda untuk menghadap sebelah kanan tubuh.
3. The Log
Posisi: Berbaring menghadap ke samping dengan lengan berada di samping tubuh dan kaki terjulur keluar.
Kepribadian: Orang yang tidur dengan posisi ini bersifat sosial dan santai.
Kelemahan: Mereka mempunyai kecenderungan untuk mempercayai siapapun, termasuk orang asing, sehingga membuat mereka mudah dibohongi.
Manfaat kesehatan: Posisi ini membuat tulang belakang lurus, bermanfaat bagi mereka yang menderita sakit punggung.
4. The Yearner
Posisi: Hampir sama dengan posisi Log namun dengan kedua tangan yang terjulur keluar.
Kepribadian: Orang dengan posisi tidur seperti ini cenderung terbuka untuk hal-hal baru, tetapi juga curiga dan sinis. Mereka memerlukan waktu yang lama untuk membuat keputusan, menimbang yang baik dan buruk berulang kali. Namun apabila mereka telah membuat pilihan, mereka hampir tidak pernah berubah pikiran atau menyesali pilihannya.
Manfaat kesehatan: Membantu meringankan beberapa masalah yang terkait dengan penyakit acid reflux danapnea tidur. Tetapi jika gejala tersebut sering terjadi, anda mungkin perlu datang ke dokter spesialis.
5. The Soldier
Posisi: Berbaring telentang dengan kedua lengan di samping tubuh.
Kepribadian: Orang dengan posisi tidur seperti ini umumnya tenang dan pendiam. Mereka tidak suka membuat kesepakatan pada hal-hal yang besar. Mereka menetapkan standar pencapaian yang sangat tinggi untuk mereka dan orang lain.
Pengaruh kesehatan: penelitian menunjukkan bahwa tidur telentang dapat menyebabkan mendengkur, kesulitan bernapas, dan tidur tidak nyenyak.
6. The Starfish
Posisi: Berbaring telentang dengan kedua lengan ke atas.
Kepribadian: Orang dengan posisi tidur seperti ini digambarkan sebagai pendengar yang baik. Mereka selalu bersedia untuk menawarkan bantuan dan umumnya tidak suka berada di pusat perhatian.
Pengaruh kesehatan: Seperti posisi tidur soldier, pengaruhnya adalah lebih cenderung mendengkur dan memiliki masalah pernapasan sehingga membuat tidur tidak nyenyak.
Dalam Islam, kita dianjurkan mendahulukan posisi tidur di atas sisi sebelah kanan (rusuk kanan sebagai tumpuan) dan berbantal dengan tangan kanan, tidak mengapa apabila setelahnya berubah posisinya di atas sisi kiri (rusuk kiri sebagai tumpuan). Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah:
Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,”  (HR. Al-Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya,”  (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350).
Juga tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam atau pun tidur siang.
Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla,”  (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih).
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory