Durian, Fakta dan Mitosnya


Sebenarnya saya juga suka banget buah yang satu ini, selain enak, lembut di mulut, pokoknya enak deh. Tapi banyak juga lho yang ga suka durian apalagi cium baunya. Adik iparku salah satunya, dia kalo cium aroma buah durian langsung protes. Mungkin ga jauh bedalah ya ama yang suka dan ga suka pete atau jengkol. hehehe…gimana selera masing-masing aja deh. Yang penting kita berbagai info dulu nih seputar fakta dan mitos durian, yuk disimak..

Fakta Durian:

1. Durian bisa membantu meningkatkan berat badan (khusus buat yang lagi penggemukan, boleh dicoba nih).

Disebutkan kalo dari 1 kg daging buah durian mengandung 1.350 kalori . Artinya makan satu buah durian akan memenuhi 68 % dari kebutuhan kalori tubuh kita (2.000 kalori) per hari untuk ukuran orang dewasa ya. Daging buah dari satu biji durian sekitar 40 gr daging buah mengandung 54 kalori. Nah, gimana buat yang pada pengen gemukin badan, ini cara enak bikin gemuk..patut dicoba juga lho.

2. Durian kaya nutrisi

Secara alamiah, durian mengandung potasium, serat diet, besi, vitamin C dan vitamin B kompleks yang sangat baik untuk vegetarian (cek disini dan disini). Si raja buah ini pas sekali untuk menambah kekuatan otot dan tekanan darah, melancarkan buang air besar juga untuk kesehatan kulit lho. mengkonsumsi buah durian juga mendukung sistem saraf dan kekebalan tubuh, dan meningkatkan pembentukan sel darah merah. Emm….kekebalan tubuh ya…boleh juga nih si raja buah.

3. Penderita Diabetes harus membatasi konsumsi durian

Jika menderita diabetes dimana harus menghitung karbohidrat setiap harinya maka harus hati-hati mengkonsumsi durian karena kandungan gula pada buah ini cukup tinggi. Durian disebutkan mengandung gula sederhana seperti: sukrosa, glukosa dan fruktosa.

4. Durian adalah energizers (pemberi tenaga/energi) instan

Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi maka durian dapat membantu mengisi energi yang kurang dengan cepat (pada orang sehat). Buah durian disebutkan tinggi kalium sehingga dapat juga membantu mengurangi kelelahan dan mengurangi stres secara mental serta mengurangi rasa cemas. Ayo buat yang gampang capek, sering cemas berlebihan bolehlah buah durian ini dicoba.

Mitos Durian:

1. Durian tinggi kolesterol

Tidak benar. Durian memiliki “nol” kolesterol. Kolesterol hanya ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung yang membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol LDL jahat. Nah, buat yang salah kaprah dan bilang durian tinggi kolesterol sebaiknya berubah pikiran deh, karena terbukti itu cuma mitos lho..

2. Manggis harus dimakan dengan durian untuk mengurangi panas dari dalam buah durian



Menurut kebijaksanaan Cina yang konvensional, buah manggis, menjadi buah pendingin, akan dapat mengurangi panas dalam yang terkait dengan buah durian. Namun, sayangnya tidak ada penelitian ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut. Usut punya usut, kebiasaan makan durian dan manggis bersama-sama kemungkinan berasal dari waktu panen kedua buah tersebut yang sama sehingga waktu itu si Cina, mereka secara tidak sengaja memang mengkonsumsinya bersamaan tapi sekali lagi tidak benar kalo manggis harus dimakan bersamaan ama durian lho..

3. Makan durian dan minum bir pada saat yang sama dapat membunuh diri sendiri

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa hal tersebut merupakan kombinasi yang mematikan. Yang benar adalah, mungkin akan menyebabkan kembung, gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan hati jika mengkonsumsi durian dan bir bersamaan (buat yang tidak minum alkohol “no worry”). kenapa? karena tubuh akan dipaksa bekerja ekstra keras untuk metabolisme lemak dan gula yang ada pada durian dan alkohol, terutama jika mengkonsumsi keduanya secara berlebihan. Hati-hati…Niatnya mau enak malah jadi eneg karena kembung…hehehe

4. Makan durian dapat meningkatkan libido

Panas yang disebabkan oleh durian dapat menyebabkan suhu tubuh naik, tapi tidak akan membuat buah durian menjadi zat perangsang (afrodisiak). Tidak ada fakta ilmiahnya.

Jadi, jangan kuatir ya buat pecinta durian, asalkan makan secukupnya 2-3 biji durian akan baik buat tubuh karena katanya durian itu sangat bergizi, akan memberikan manfaat bagi tubuh karena banyak mineral, vitamin dan lemak yang baik. Ada juga yang bilang makan durian bikin orang kecanduan yang cenderung pengen makan lebih. Nah, untuk yang satu ini mungkin kembali ke masing-masing orangnya ya, kalo yang niatnya supaya bermanfaat buat tubuh maka makanlah sesuai aturan secukupnya (2-3 biji) saja.

Oke deh, semoga informasi ini membantu yang sedang bingung dan kuatir mau makan buah durian. Jelas ada manfaat dan efek samping kalo makan berlebihan. Karena sekarang sedang musim buah durian di beberapa daerah, maka selamat menikmati ya…kalo yang punya kebun durian, bolehlah ditunggu kiriman buah duriannya atau yang udah jadi pancake juga boleh, hehehe…
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.