Danau Hitam ini Sama Sekali Tak Hitam


Danau Karakul atau juga dikenal sebagai Danau Hitam, terletak di kawasan Pegunungan Pamir yang kering dan tinggi di Tajikistan.

Kawasan ini menjadi salah satu lokasi paling indah dan terpencil di Asia Tengah, yang banyak diburu oleh para fotografer. Danau Hitam masih menjadi bagian dari Taman Nasional Tajik.

Danau air payau tersebut berbaring di atas sebuah cekungan tertutup pada ketinggian 3.900 meter di atas permukaan laut. Karena dikelilingi oleh daerah pegunungan yang tinggi, danau ini menerima kurang dari 30 mm curah hujan per tahun, yang kemudian menjadikannya sebagai salah satu tempat terkering di Asia Tengah.

Antara bulan Oktober sampai Mei, Danau Hitam yang warna airnya tak hitam ini akan sepenuhnya beku. Permukaan danau akan membentuk hamparan putih luas, bila dilihat dari desa Karakul, tempat sebuah komunitas kecil dari orang Kyrgyz bertahan hidup dengan berternak domba dan kambing.

Sebagaimana dilansir amusingplanet, danau ini diyakini terbentuk ketika meteor menghantam bumi sekitar 25 juta tahun yang lalu. Lelehan air es di sekitar pegunungan kemudian mengisi cekungan itu dan membentuk danau yang sekarang kita kenal sebagai Danau Hitam atau Danau Karakul. Danau yang berdiameter 25 km ini sebelumnya dikenal sebagai Danau Victoria sampai awal abad 20. Namun, nama itu berubah dengan munculnya peraturan dari Soviet pada tahun 1920-an.

Danau ini sangat populer di kalangan fotografer dan wisatawan yang suka berpetualang ke alam liar. Selama musim panas, warna danau ini berubah antara hijau tua atau biru tua.



pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory