Tips Buka Striping/Stiker Kendaraan Tanpa Lecet

Begini, dulu ane pernah beberapa kali coba melepas yang namanya stiker atau striping sepeda motor (baik striping pabrikan atau bukan). Ternyata susahnya minta ampun. Udah gitu sekalinya lepas banyak banget sisa perekat atau lem striping yang nempel di body motor.

Belum lagi saat striping dibuka kadang suka putus di tengah jalan, akhirnya coba lagi dari awal (sambil ngorek ngorek ujung striping ampe kuku jari pada bengkok dan lecet lecet gan).

Setiap merek sepeda motor punya striping yang beda-beda, terutama kualitas stripingnya itu sendiri. Artinya terkadang ada yang mudah dan ada juga yang susah banget buat dilepas.

Beragam eksperimen dan cara sudah ane lakukan, jadi tips ini ane buat berdasarkan pengalaman pribadi dan sudah dilakukan selama ratusan kali.

Nah, kali ini ane mau sedikit berbagi tips tentang bagaimana cara membuka stiker atau striping yang baik dan benar yang ada pada sepeda motor atau mobil agan semua.

INI CARANYA :

Pertama siapkan dulu bahan dan peralatannya :

1. Korek api gas


2. Minyak kayu putih


3. Bensin (alternatif akhir)


4. Obat poles (bisa merek KIT atau apa saja)


5. Lap kering bersih dan lap basah bersih


6. Air bersih


Jika semua bahan dan peralatannya sudah lengkap, maka sekarang tinggal ngerjainnya gan. Ini dia prosedurnya :

1. Agan cari ujung striping/stiker kemudian bakar atau panaskan dengan api kecil menggunakan korek api gas. Ini berfungsi untuk melenturkan striping agar mudah diangkat. Saat memanaskan striping gak perlu lama lama cukup beberapa detik saja (atau sesuai kebutuhan).

Setelah dipanaskan lalu angkat ujung striping secara perlahan jangan sampai putus atau robek. Angkat dan lepas dengan hati hati sampai semuanya lepas. Jika terputus di tengah jalan, agan bisa ulangi lagi proses seperti di atas.

Setelah striping/stiker lepas dari body kendaraan, coba agan lihat, apakah ada bekas lem striping yang menempel? Jika tidak ada berarti agan sukses melepasnya tanpa harus melakukan tindakan apa apa lagi. Cukup bersihkan bekas striping dengan minyak kayu putih atau obat poles hingga benar benar bersih dan mengkilap.

Namun jika terdapat bekas lem striping yang masih menempel pada body, maka ini yang paling repot (butuh sedikit usaha ekstra) untuk membersihkannya.

Santai gan, gak perlu panik, sekarang siapkan bensin dan lap bersih. Lalu basahi bekas lem striping dengan bensin kemudian bersihkan atau seka dengan lap yang juga telah dilumuri bensin. Lakukan dengan gerakan memutar atau ke atas ke bawah dengan sedikit tekanan sampai benar benar bersih.

Jika sudah, segera bilas body dengan air menggunakan lap basah, lakukan hingga bersih. Terakhir agan tinggal poles dengan obat poles sampai mengkilap.

TANYA JAWAB :

1. Apakah bensin bisa merusak atau membuat pudar warna cat kendaraan?

Jawab : Sama sekali tidak merusak atau membuat buram, kecuali jika memang kondisi cat kendaraan agan memang sudah buram sebelumnya. Oleh karena itu ane menyarankan untuk segera membersihkan body dengan air bersih lalu akhiri dengan obat poles setelah proses pekerjaan selesai.

2. Apakah ada cara lain melepas striping tidak dengan bensin?

Jawab : Ada, salah satunya dengan keberuntungan. Artinya bahwa pada beberapa kasus striping bisa dengan mudah dilepas tanpa meninggalkan bekas apapun sehingga bensin dan bahan lain tidak dibutuhkan.

3. Pada beberapa kasus, untuk melepas stripping pada motor Honda terutama yang berwarna dasar hitam relatif agak susah untuk dibuka?

Jawab : Selama proses pengerjaannya dilakukan dengan benar, sabar, dan penuh kehati hatian. Maka hasilnya akan maksimal seperti yang sudah ane lakukan pada salah satu motor Honda ane berikut ini :











pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory