Barbershop Unik nan Klasik di Jakarta

Disini ane cuman mau share tempat Barbershop unik dijakarta. Disimak ya gan/sis

1. PAX Wijaya


They start it with solidarity-based business model!

Tempat ini bisa dibilang legendaris. Bayangkan saja mereka sudah beroperasi sejak tahun 1965! Dan seperti yang kita lihat, PAX Wijaya masih berdiri kokoh dan melayani tamu setianya dari tahun ke tahun.

Senyuman hangat dari Nasim menyambut kedatangan Talkmen ke dalam PAX Wijaya. Perlahan, ia mulai bercerita tentang latar belakang berdirinya "kantor" kebanggaannya itu. "Sebenarnya PAX Wijaya buka di tahun 1990an, tetapi kita semua bekerja di barbershop dengan nama PAX di blok-M sejak 1965" jelas lelaki berumur 67 tahun itu.

Sayangnya, barbershop pertama itu tutup akibat beberapa kebijakan pemerintah di masa lalu yang menyulitkan pengusaha. Pak Nasim dan ke-dua belas barber lain pun sempat menganggur. Baru pada akhir 1980an para pekerja di barbershop PAX itu berkumpul dan urunan untuk membuat rumah yang akan menampung bakat mereka. Dengan modal solidaritas dan kepercayaan tersebut lahirlah PAX Wijaya.
Menyinggung soal jenis potongan di barbershop ini, Nasim pun menjelaskan, "Karena sebagian besar yang datang adalah langganan lama maka model rambutnya pun tak macam-macam, yang jelas mereka mau lebih rapih dari sebelum masuk kesini" . Definisi rapi itu sendiri mungkin lebih "ngetren" dengan nama gentleman cut.
Beruntung saya sempat bercengkrama dan melihat bagaimana Nasim bekerja, he really emphasize the concept of mens grooming. Sayangnya mereka tidak merasa perlu untuk mengikuti tren gaya rambut, karena mereka yakin dengan bagaimana gaya rambut yang seharusnya untuk seorang gentleman. Stay original!

Barber : 13 Orang

Ongkos cukur : Rp.50.000

Telepon: (021) 720-7138

Alamat : Wijaya Graha Puri, Blok A No. 5

Jl. Wijaya II, Jakarta

2. DiHoek

Barbershop yang terletak di salah satu pojokan Kemang Selatan ini mungkin menjadi salah satu trendsetter berkembangnya konsep baru untuk tempat cukur khusus pria.

Tempat yang berdiri sejak 2006 ini mungkin menjadi salah satu barbershop pertama yang menawarkan konsep baru yang saya utarakan di awal. Dan beberapa sumber kami pun menyatakan bahwa DiHoek adalah tempat untuk mencari pomade (sejenis minyak rambut) di saat awal kepopulerannya.


Dari depan, DiHoek terlihat seperti toko furnitur antik. Bukan tanpa alasan, daerah Kemang Selatan tempat barbershop ini dikelilingi oleh toko-toko yang menjual keperluan interior klasik.

Suasana playful dan up-to-date baru terasa saat saya masuk kedalam. Perpaduan warna dan pemilihan perabot di dalam menjadi salah satu alasannya. "Kami ingin menghilangkan kesan kaku dari format lama barbershop" jelas Edo manajer operasional DiHoek.


Dua barber yang standby saat kedatangan saya pun sempat bercerita panjang lebar tentang gaya rambut rockabilly yang populer sejak akhir 2006. "Awalnya dari gaya jarheads, tetapi lama kelamaan new wave cuts dengan rambut tebal di bagian tengah makin populer… Toh, rootsnya sama dari Amrik sono mas" tukas Tantan.

Jadi untuk Anda yang ingin mendapat potongan rockabilly tanpa perlu menjelaskan panjang lebar mungkin barbershop ini bisa diandalkan. Untuk minyak rambut pendukung gaya new wave tersebut, DiHoek juga memiliki stok Uppercut pomade dalam jumlah yang cukup banyak.

Barber: 2 Orang

Ongkos cukur: Rp. 60.000

Telepon: 021 9691 34

Alamat: Jl. Kemang Selatan VIII NO. C4 Jakarta 12730

3. Ugo

Menawarkan konsep premium quality in mens grooming, perlahan tapi pasti Ugo membangun segmen pasarnya sendiri.

Salah satu competitive-advantage bagi Ugo adalah lokasinya. Terletak satu gedung dengan tempat-tempat yang cukup ramai dikunjungi: Fairgrounds, Ugo menawarkan layanan yang cukup lengkap mulai cukur rambut, creambath, refleksi, sampai jasa ear cleaning.


Saat masuk saya disambut oleh interior kayu dan jejeran kursi takara dari tahun 1954 yang sudah direkondisi. Ranthy sang direktur pun menjelaskan via telepon tentang konsep tempat ini, "Segmen premium mens salon seperti yang saya lihat di Los Angeles dan beberapa kota besar lain di luar negeri sepertinya belum ada di Jakarta, maka itu hadirlah Ugo"

Beberapa pelanggan yang beberapa kali kesini diklaim sudah memiliki jagoan masing-masing. "Kalo konsumen yang sudah berumur cenderung memilih Abdul dengan clean-cutnya. Tetapi kalo yang suka gaya James Dean atau mungkin rockabilly mereka lebih percaya pada Didin dan Dadang" ujar Ranthy.


Walaupun ongkos cukur yang dibanderol sedikit lebih mahal, Ugo tetap percaya akan kesempurnaan pelayanan yang diberikan akan membuat pelanggan merasa benar-benar dimanjakan. Selain itu suasana interior yang nyaman ikut melengkapi konsep premium grooming yang coba ditawarkan. Belum lagi beberapa pilihan produk mens grooming mulai tonik, sampo, dan wax rambut juga tersedia di sini.



Barber: 3 orang

Ongkos cukur: Rp. 90.000

Telepon: 021-51400990

Alamat: Fairgrounds lot 14 Kav. 52-53 SCBD

Jl. Jendral Sudirman, Jakarta 12190

4. Barberbox

Lahir dari kekecewaan akan pelayanan dan hasil cukur barbershop pada umumnya, barbershop yang digawangi Putra (22 tahun) dan Emir (20 tahun) ini terletak disamping lapangan Blok S. Dengan konsep interior industrialis Barberbox hadir menawarkan layanan yang cukup unik; weekend late-night-cutting service.

Tetapi tidak itu saja, Barbershop yang memasang tarif yang tidak terlalu mahal ini juga buka mulai pukul 10 pagi di hari biasa dan pukul 9 di kala weekend. "Jam operasional kami selayaknya barbershop lainnya, tapi kami juga menyediakan jasa cukur untuk orang yang terlalu sibuk di siang hari.



Walaupun jasa cukur di malam hari itu hanya tersedia sebagai menu utama di saat weekend, para pelanggan yang ingin merasakannya disaat hari biasa juga tetap dapat menikmatinya dengan melakukan reservasi satu hari sebelumnya. Layanan seperti ini juga untuk menjawab tingginya permintaan terhadap jasa cukur rambut di malam hari.

Untuk pemilihan model rambut, mereka membuat katalog tersendiri yang merangkum step-by-step cara memilih gaya yang pas untuk kita. Konsumen yang datang pun disarankan untuk membacanya terlebih dahulu agar terjalin komunikasi yang baik sehingga melahirkan potongan rambut idaman.


Kedua owner Barberbox pun menyadari akan pentingnya keberadaan pomade bagi penampilan pria, karena itu mereka juga menjual pomade dengan berbagai macam pilihan. "Kami menyediakan water-based dan oil-based pomade lengkap dengan tingkat kekerasan terhadap rambut" ujar Emir. Menariknya lagi mereka berencana untuk mengembangkan pomade buatan sendiri.


*Jenis Pomade tersedia di Barberbox

Barber: 1 Orang

Ongkos cukur: Rp. 40.000

Telepon : 0816-810-425

Alamat : District building 2nd Floor

Jl. Birah Raya no. 10, Blok S, Senopati, Jakarta Selatan

5. Alexander Barbershop

Walaupun terbilang baru, barbershop ini sudah memiliki konsumen setia.

Kedatangan kami disambut oleh barber andalan Alexander barbershop: Iwan. Lelaki berperawakan rockstar ini ternyata cukup ramah dan enak diajak ngobrol. Secara singkat ia cukup lancar menceritakan bagaimana perkembangan model rambut favorit beberapa tahun terakhir ini.


Percakapan hari itu kami lanjutkan bersama sang owner; Alexander. Pria asal Belanda ini menceritakan bagaimana barbershop ini lahir, "Sebenarnya saya sudah pengen sejak 10 tahun lalu. Dan menurut saya , tahun lalu adalah momen paling tepat untuk merealisasikannya!" dan akhirnya Alex memulai semuanya bersama Iwan.

"Komunikasi yang baik antara pelanggan dengan para barber adalah kunci mencapai kepuasan pelanggan."
-Alexander-

Karena itu, saat bertemu Iwan ia berusaha membangun kebiasaan itu hingga kini. Mereka berdua pun setuju bahwa gaya rambut jaman dulu yang mendetail akan tetap menjadi trend untuk 2-3 tahun mendatang.

Tidak itu saja, attention to detail juga diperlihatkan pada pemilihan pernik interior. Switch lampu dan meja kayu dari tahun 1970an sukses menghidupkan suasana vintage yang kental namun tidak ketinggalan jaman


Untuk gaya rambut, rasanya Anda dapat mempercayai Iwan dan Yudi. Mereka bekerja dengan fokus dan (lagi-lagi) sangat memperhatikan soal detail. "Kedua barber ini hanya akan memotong rambut Anda jika mereka merasa sesuai dengan gaya yang akan diaplikasikan" jelas Alex. Kembali lagi, mereka percaya bahwa idealisme yang mereka pegang akan menghasilkan gaya rambut terbaik bagi customer.

Barbershop akan menawarkan pelayanan yang baik apabila kita tahu apa yang kita mau dan mereka ahli dalam melakukan hal tersebut. Tidak semua barbershop bagus dalam menentukan yang terbaik bagi kita, tapi mereka jelas akan membuat kita lebih rapih dari sebelumnya.



Barber: 2 Orang

Ongkos cukur: Rp. 70.000

Telepon: (021) 360-99737

Alamat: Kemang Raya 16A (sebelah Laser Game)

Kemang, Jakarta, Indonesia
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory