Aksi Foto Selfie ini Malah Berujung Penjara

Selfie atau memfoto diri sendiri memang menyenangkan. Namun tak sedikit foto Selfie yang membawa bencana bahkan sampai berurusan dengan pihak yang berwajib dan masuk ke dalam bui.



Salah satu foto Selfie yang menghebohkan, baru-baru ini dilakukan oleh perampok bank bernama Jules Bahler. Pria asal Michigan itu dengan percaya diri berfoto Selfie sambil memamerkan senjata jenis submachine gun yang menjadi kebanggannya saat beraksi.

Kemudian foto tersebut ia posting ke jejaring sosial Facebook pada tanggal 5 Maret 2014. Mengutip laman Mirror, Selasa (18/3/2014), berkat foto tersebut Federal Bureau of Investigation (FBI) berhasil meringkus pria berumur 21 tahun itu. Menurut FBI, pada waktu yang sama dengan pengunggahan foto tersebut, Bahler diketahui melakukan perampokan di Bank Chemical cabang Bay City, Michigan.

Dari aksinya ini Bahler berhasil mendapatkan uang sekitar US$ 7.000. Ia juga diduga telah melakukan perampokan serupa di dua bank lainnya, senilai US$ 4.300 dari Ganysys Credit Union dan US$ 4.000 dari cabang Bank of America.

Pamer Kendaraan Curian di Facebook



Lalu ada foto Selfie yang berhasil mengakhiri aksi duo pencuri spesialis kendaraan bermotor, Jonathan Dougan (26) dan Matthew Murphy (23). Semuanya berawal dari kegemaran mereka memotret diri dan mengunggahnya ke Facebook.

Dilansir laman Daily Mail, di antara pose Selfie yang diambil, mereka melakukannya bersama motor dan mobil hasil curian. Misalnya, Murphy memajang foto Selfie bersama mobil Mercedes E820 di Facebook dan Dougan berpose saat menunggangi motor sport dari Suzuki.

Kedok mereka pun akhirnya terungkap setelah salah seorang korban mengenali motor KTM miliknya yang hilang. Motornya muncul di akun Facebook milik Dougan. Berdasarkan informasi tersebut pihak kepolisian langsung bergerak dan melacak keberadan Dougan via Facebook.

Hasil penyelidikan mengungkap bahwa mereka terlibat dalam 14 kasus pencurian berbagai jenis kendaraan di sekitar are Manchester antara November 2012 sampai Juni 2013. Setelah menjalani sidang, Dougan dan Murphy diganjar vonis penjara masing-masing 9 tahun 4 bulan.

Berfoto Selfie Sebelum Beraksi



Kejadian memprihatinkan juga turut menimpa duo perampok wanita yang melakukan Selfie sebelum merampok. Remaja asal Swedia itu diketahui merampok sebuah toko burger di Halmstad dengan menggunakan pisau dapur - hanya untuk mendapatkan uang 187 poundsterling atau sekitar Rp 3,6 juta.

Selang 47 menit setelah salah satu staf toko burger itu menelepon polisi, mereka langsung diringkus di apartemen tempat mereka tinggal. Di sana polisi menemukan barang bukti berupa pisau dapur 11 inci dan dua penutup wajah berwarna hitam.

Daily Mail melaporkan, sewaktu menyita telepon seluler milik tersangka, pihak kepolisian menemukan sejumlah foto Selfie mereka yang sedang memakai pakaian serba hitam dan memegang pisau dapur yang mirip dengan pisau saat digunakan untuk merampok.

Foto Selfie tersebut diduga diambil sebelum mereka beraksi. Namun hanya satu dari dua remaja itu yang bisa diadili karena salah satu di antara mereka masih berusia 17 tahun. Bagi yang tidak masuk bui akan ditampung di balai rehabilitasi setempat.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory