Fakta atau Mitos? Jembatan (putus) cinta Kebun Raya Bogor

Taman luas rimbun dengan pepohonan. Tempat ideal untuk bercengkrama dengan keluarga, atau pun dengan kekasih. Kebun Raya Bogor salah satu tempat dengan karakteristik tersebut. Di mana tempat pasangan muda mudi berucap cinta dan merayu.

Tapi taukah, ada mitos yang diyakini masyarakat sekitar bahwa kisah cinta bisa dimulai dan bahkan putus di Kebun Raya Bogor. Ada yang menyatakan Kebun Raya Bogor adalah tempat menemukan pendamping hidup sejati. Tetapi jangan senang dulu, karena cintamu juga bisa kandas dan karam di sini.

Uti (50), salah satu pengunjung mengatakan di Kebun Raya Bogor sebaiknya jangan pacaran. Terlebih jika mengabadikan momen cinta di Jembatan Merah. Pasalnya banyak cerita, di mana pasangan kekasih akhirnya berpisah setelah melalui jembatan bercat merah yang berada di atas Kali Ciliwung itu.

"Sebenarnya bukan hanya Jembatan Merah tetapi seluruh Kebun Raya Bogor. Katanya sih begitu, tapi yang paling sering sih di Jembatan Merah," ujar Uti kepada merdeka.com di Kebun Raya Bogor, Sabtu (23/11).

Percaya atau tidak banyak yang meyakini jika pacaran di Kebun Raya ini akan berakhir kandas. Jembatan gantung merah di Kebun Raya disebut sebagai penyebabnya. Mitos keberadaan jembatan gantung yang tak jauh dari taman garuda ini hingga kini masih menyimpan banyak tanda tanya.

"Banyak yang bilang begitu, kalau pacaran di sini biasanya hubungannya gak bakal langgeng. Konon katanya karena jembatan gantung itu, dan tidak hanya di sini, di beberapa objek wisata di tempat lain yang ada jembatan gantung mitosnya juga seperti itu," sambung Dadan, seorang pegawai di Kebun Raya Bogor.

Dadan yang sudah bekerja hampir 15 tahun di kebun seluas 87 Ha menyebut bahwa mitos itu sudah terlanjur mengakar kuat di masyarakat khususnya kota hujan ini. namun ada percaya ada juga yang tidak.

"Tapi itu balik lagi ke diri kita masing-masing. Mungkin kalau bener itu hanya kebetulan saja, dan saya kira masih banyak yang langgeng walaupun pernah pacaran di sini," terangnya.

Jembatan gantung ini memang tergolong istimewa. Penahan utama jembatan ini adalah kabel besi fleksibel yang terbentang antara satu sisi dengan sisi yang lain. Dengan model gantung tersebut, jembatan bisa merentang dengan jarak yang cukup jauh tanpa harus membuat pilar-pilar kuat yang menyangganya di tengah-tengah. Salah satu contoh gantung yang paling terkenal adalah The Golden Gate of San Fransisco.

Lalu apakah anda percaya dengan mitos tersebut?

pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory