Cara jitu untuk tingkatkan kreativitas

http://www.weddingbells.ca/diy-wedding-ideas/6-easy-diy-wedding-bunting-projects-free-templates/?utm_medium=email&utm_campaign=Weddingbells+Newsletter+November+22+2013&utm_content=Weddingbells+Newsletter+November+22+2013+CID_80ae3ac2be11fb56b9b135042910639a&utm_source=Newsletters&utm_term=6%20Easy%20DIY%20Wedding%20Bunting%20Projects%20%20Free%20Templates

Menjadi sukses tidak selalu berarti menjadi pekerja kantoran atau pegawai di sebuah badan usah bergengsi. Dengan bekerja sendiri pun Anda juga bisa menjadi sukses. Banyak pekerjaan 'sendiri' yang bisa Anda lakukan seperti menjadi penulis, pencipta lagu, ilmuwan, dan pelukis. Tentunya pekerjaan-pekerjaan di atas menuntut kreativitas yang tinggi, ya? Simak cara-cara jitu meningkatkan kreativitas yang dilansir dari MSN berikut ini.

1. Minum kopi di kafe
Siapa bilang minum kopi di kafe sambil bekerja itu hal yang mustahil? Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Consumer Research menunjukkan bahwa suara-suara acak yang ada di sekeliling kita malah mampu menerbitkan inspirasi dan menggali kreativitas lebih dalam. Takaran suara acak yang efektif untuk kreativitas adalah 70 decibel yang terdiri dari suara obrolan orang di sekitar, musik akustik, dan suara deru mesin pembuat kopi.

2. Alihkan konsentrasi Anda sejenak
Produktivitas seseorang ternyata malah bisa ditingkatkan dengan mengalihkan konsentrasi. Jadi, jangan lupa untuk selalu menghibur diri sejenak di tengah-tengah proses kreatif Anda dengan meraut pensil, menonton video lucu di Youtube, atau mengamati orang-orang lewat di jalan.

3. Selalu siapkan pulpen dan kertas
Membawa kertas dan pulpen ke mana-mana ternyata mampu memancing kreativitas Anda. Dengan adanya kesadaran bahwa Anda sedang membawa dua benda yang mampu merekam ide apapun yang lewat di pikiran, Anda akan terpancing untuk memikirkan hal-hal menarik yang bisa berubah menjadi ide cemerlang.

4. Ubah rutinitas Anda
Jika Anda adalah orang yang biasa tidur di siang hari dan bekerja di malam hari, ada baiknya Anda ubah kebiasaan tersebut untuk beberapa bulan ke depan. Begitu pula bagi Anda yang terbiasa bersantai-santai di malam hari dan bekerja di pagi hari. Ternyata, mengubah kebiasaan dapat memancing otak untuk me-refresh semua informasi yang pernah disimpannya, sehingga Anda memiliki memori yang lebih segar untuk ide-ide baru.

5. Terimalah kritik sebanyak mungkin
Kritik yang membangun pasti dapat membuat Anda menjadi lebih baik dalam pekerjaan Anda. Sebarkan karya Anda ke orang-orang yang Anda percaya mampu memberi sudut pandang yang membangun, sehingga Anda bisa mendapatkan ide segar untuk perbaikan karya.

6. Pandangi warna hijau
Menurut Stephanie Lichtenfeld, salah satu penulis buku Fertile Green: Green Facilitates Creative Performance, warna hijau mampu memicu bagian dari otak yang digunakan untuk berpikir kreatif untuk bekerja lebih giat. Anda bisa mengganti warna wallpaper laptop Anda dengan gradasi warna hijau mulai dari sekarang!

7. Berjalanlah meliuk-liuk
Orang-orang yang melakukan tes kreativitas setelah berjalan kaki selama beberapa menit dengan meliuk-liuk ternyata mampu mendapatkan hasil yang lebih maksimal daripada orang yang berjalan kaki dengan lurus. Cobalah untuk berjalan dengan kaki yang lebih bebas tidak seperti peragawati agar Anda bisa merasakan kreativitas yang meningkat.

8. Makan permen mint
Penelitian menunjukkan bahwa aroma minta dapat meningkatkan konsentrasi dan ketahanan mental, yang dapat membuat kreativitas Anda makin tajam. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengunyah daun mint jika tidak suka rasa permen. Sekarang Anda juga sudah bisa mendapatkan minyak atau lilin aroma terapi mint untuk ruang kerja atau rumah Anda di supermarket terdekat.

Tunggu apa lagi? Segera coba cara-cara di atas agar kreativitas Anda meningkat!
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory