Tapak Kaki Sang Pembuat Ka'bah

Ka'bah adalah arah untuk acuan umat Islam untuk salat. Tapi tahukah Anda, di dekat bangunan tersebut terdapat tapak kaki sang pembuat Ka'bah. Para jemaah haji pun bisa melihatnya dari dekat, ini dia Maqam Nabi Ibrahim!

Ka'bah selalu dipadati traveler muslim tiap harinya, dan jauh lebih ramai lagi saat berlangsungnya ibadah haji seperti sekarang ini. Di sana, mereka bisa melakukan tawaf dan ibadah lainnya. Selain itu, ada beberapa bangunan-bangunan bersejarah di dekat Ka'bah, yang bisa dilihat seperti Maqam Ibrahim.



Dilongok dari situs Kementerian Agama Republik Indonesia, Rabu (9/10/2013) Maqam Ibrahim merupakan batu dengan bekas telapak kaki Nabi Ibrahim ketika membangun Ka'bah. Letaknya di dekat Multazam atau berjarak tiga meter di sebelah timur dari Ka'bah.

Jadi, batu tersebut dulu digunakan Nabi Ibrahim untuk berpijak ketika membangun Ka'bah dengan dibantu anaknya, Nabi Ismail. Ingat, Maqam Ibrahim ini adalah bekas tempat berdirinya Nabi Ibrahim, bukan kuburannya.

Umat Muslim percaya, tapak kaki tersebut sudah ada sejak Nabi Ibrahim turun dari batu dan menjadi mukjizat. Meski sudah ada dari zaman nabi, tapi cetakan tapak kakinya masih terjaga keasliannya dan tidak rusak.

Maqam Ibrahim berada di dalam kaca, namun bisa terlihat jelas. Maqam Ibrahim pun mudah ditemukan oleh para jamaah haji, karena mereka bakal selalu melewatinya ketika melakukan tawaf.

Maqam Ibrahim jadi salah satu batu yang dianggap suci yang ada di Masjidil Haram, setelah Hajar Aswad. Namun ada yang berbeda, jika Hajar Aswad biasa dipegang dan dicium, maka Maqam Ibrahim menjadi tempat untuk salat sunah.

Oleh sebab itu, ada banyak jamaah haji yang selalu melakukan ibadah salat di dekat Maqam Ibrahim. Bahkan, Maqam Ibrahim jadi salah satu tempat di kawasan Masjidil Haram sebagai tempat mustajab atau tempat yang doanya akan cepat dikabulkan.

Tapak kaki Nabi Ibrahim sendiri mempunyai ukuran yang berbeda. Satu bagian sedalam 10 centimeter dan satu bagian lagi sedalam 9 centimeter dengan panjang 22 cm dan lebar 11 cm. Menurut sejarah Islam Sheikh Mohd Tahir Al Kurdi memperkirakan bahwa Nabi Ibrahim memiliki ukuran tubuh yang lebih kurang sama dengan kebanyakan manusia saat ini.

Para jamaah haji dan traveler muslim yang datang ke Masjidil Haram diperbolehkan dengan bebas untuk salat di sekitar Maqam Ibrahim. Silakan melihat tapak kaki sang pembuat Ka'bah dari dekat.

pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory