Meteorit Seberat Setengah Ton Diangkat dari Danau Rusia



Batu raksasa yang diyakini meteorit ditemukan di sebuah danau di Ural, Rusia. Batu seberat setengah ton ini berhasil diangkat dari danau oleh para penyelam.

Meteorit ini diyakini jatuh ke bumi saat fenomena alam 'hujan meteor' terjadi di wilayah Chelyabinsk, Rusia pada Februari lalu. Saat itu, 'serbuan' meteor dari luar angkasa melanda Chelyabinsk pada pagi hari sehingga membuat panik warga. Sekitar 1.200 orang luka-luka dalam peristiwa itu.

Sekitar 8 bulan setelah insiden tersebut, ditemukanlah sisa-sisa meteor yang berhasil mendarat di bumi dalam ukuran besar atau yang biasa disebut dengan meteorit. Tayangan televisi setempat menunjukkan bagaimana tim penyelam menarik batu dengan ukuran 1,5 meter tersebut dari dalam danau ke daratan.

Batu raksasa tersebut tampak terbungkus sebuah kain atau plastik khusus. Ketika berhasil diangkut ke pinggir danau, penutup tersebut dibuka dan terlihatlah batu berukuran besar dengan warna hitam pekat. Demikian seperti dilansir Sydney Morning Herald, Kamis (17/10/2013).

Jika dilihat dari luar, batu tersebut terlihat solid seperti batu biasa. Namun ketika hendak ditimbang, batu tersebut tiba-tiba rontok menjadi beberapa bagian saat diangkat dari tanah dengan bantuan tuas dan tali. Pengukuran dengan timbangan menunjukkan batu tersebut memiliki berat 570 kilogram setelah rontok. Diperkirakan, berat batu tersebut lebih besar jika tidak rontok.

"Berat batu tersebut mencapai 570 kilogram sebelum ada potongan yang rontok. Kami perkirakan berat keseluruhan batu tersebut mencapai lebih dari 600 kilogram," tutur salah satu peneliti setempat kepada lifenews.ru yang menyiarkan temuan ini secara langsung.

Meskipun butuh waktu sebelum bisa dipastikan apakah batu tersebut memang berasal dari luar angkasa, para peneliti sangat yakin dengan temuan mereka. "Berdasarkan pengamatan awal kami ... ini merupakan bagian dari meteor Chelyabinsk," terang Sergei Zamodra selaku dosen dan peneliti dari Chelyabinsk State University kepada kantor berita Interfax.

"Ini merupakan potongan terbesar dari meteor tersebut. Dan tampaknya, ini mungkin merupakan salah satu dari sepuluh meteorit terbesar yang pernah ditemukan," imbuhnya.

Meteor yang jatuh ke bumi memang biasanya terpecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Kebanyakan tidak lebih besar dari ukuran jari kuku manusia atau sebesar kerikil. Jika memang benar batu raksasa ini merupakan bagian dari meteor tersebut, tentu ini menjadi temuan yang menakjubkan.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory