Tips Mendaki Gunung Untuk Pemula

Mendaki gunung bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melepaskan rasa penat akibat stres yang Anda rasakan. Mendaki gunung bisa dikatakan sebagai sebuah bentuk olahraga baru dan sekaligus sebagai bentuk wisata. Umumnya orang-orang yang melakukan aktivitas yang satu ini adalah mereka yang menyukai sesuatu berbau alam dan juga sesuatu yang menantang.
Memang mendaki gunung memiliki banyak risiko jika Anda tidak memiliki persiapan yang matang saat akan melakukan kegiatan yang satu ini. Beberapa risiko sering dialami oleh para pendaki adalah udara dingin yang cukup menusuk, rute jalan yang seringkali tidak bersahabat, cuaca, jalan sesat, dan incaran binatang buas.
Oleh karena itu untuk meminimalkan resiko tersebut, pendaki perlu persiapan matang. Apa saja yang harus Anda persiapkan untuk mendaki gunung jika Anda adalah seorang pemula? Berikut TalkMen berikan beberapa tips yang diperlukan saat akan melakukan hiking.


Persiapkan mental dan fisik

Siapkan mental Anda. Pastikan Anda benar-benar yakin untuk mendaki gunung sehingga tidak ada beban ketika melakukannya. Selain mental, fisik harus sangat diperhatikan. Mulailah untuk latihan fisik yang ringan seperti lari atau jogging sebanyak dua putaran lapangan sepak bola sebulan sebelum pendakian secara rutin.

Cari tahu mengenai kondisi gunung yang akan Anda daki

Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin seputar gunung yang akan Anda daki membuat Anda mampu mengetahui medan yang akan Anda tempuh nantinya. Informasi bisa didapatkan dengan membaca, browsing, atau langsung menanyakannya pada ahlinya langsung.

Persiapkan peralatan yang akan dibawa

Pastikan Anda tahu apa yng harus dan tidak harus dibawa pada saat Anda mendaki. Jangan sampai nantinya hanya akan merepotkan teman Anda.

Bawa obat-obatan pribadi

Jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi Anda. Jangan sampai penyakit Anda kambuh dan lupa membawa obat-obatan tersebut karena hanya akan membahayakan diri Anda sendiri.

Kenali kemampuan fisik Anda

Pahamilah kondisi badan Anda, karena hanya Anda yang mengerti sejauh mana kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu. Jangan memaksakan suatu hal ketika Anda tidak sanggup untuk menyelesaikannya, dalam hal ini adalah mendaki gunung. Haltersebut sangatlah diperlukan karena dalam mendaki gunung membutuhkan tenaga yang besar dan keyakinan yang kuat.

Mulailah mendaki gunung dengan ketinggian rendah

Mendaki gunung bukanlah persoalan mudah. Maka, sebagai pemula kita harusmemulainya dari yang paling kecil lebih dahulu. Jadi, untuk kedepannya kita akanlebih mengerti medan yang akan kita tempuh.

Pahami peraturan yang berlaku di kawasan pendakian

Jangan pernah sekalipun menyepelekan peraturan. Sedikit saja kita berulah ketika mendaki gunung, maka kita akan menerima akibatnya. Banyak pantangan ketika kita akan mendaki gunung, jika melanggarnya maka akan berujung pada petaka.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory