Merakit PC Gaming Murah dan Optimal!




Dengan budget kurang dari 5 juta rupiah, dapatkah kita mendapatkan sebuah PC Gaming murah yang optimal?

Merakit sebuah PC gaming murah memang tergolong cukup sulit untuk dilakukan, karena dengan budget se-minimal mungkin, kita dituntut untuk bisa mendapatkan sebuah sistem yang optimal untuk bisa memenuhi hasrat para PC gamer untuk memainkan berbagai game PC terbaru dengan nyaman, dan tentu saja para gamer menginginkan detail grafis yang lebih baik bukan? Karena memang itulah konsep utama yang membedakan PC gaming dan console gaming .





Detail grafis dan kenyamanan bermain game pada PC Gaming jauh lebih baik dibandingkan dengan console saat ini, bahkan untuk sebuah PC Gaming Entry Level sekalipun.

Setelah cukup lama sejak terakhir kali kami memberikan guide merakit PC gaming, kali ini kami kembali memberi dan me-refreshlist Buyer’s Guide (panduan pembelian) kepada pembaca untuk menentukan komponen PC terbaik dan paling optimal, dalam merakit sebuah PC Gaming di pertengahan tahun 2013 ini.

Apa saja yang perlu diperhatikan?
  • Pada PC gaming murah ini, Price per Performance adalah hal yang paling diutamakan.
  • Kesampingkan dulu sementara masalah ego dalam memilih hardware dengan brand terfavorit.
  • Kesampingkan juga masalah penampilan dan fitur-fitur yang tidak terlalu terpakai.
  • Future proof atau opsi upgrade-ability sistem juga menjadi faktor penilaian yang cukup penting.
  • Karena PC adalah platform yang dinamis, jika ada budget tambahan, upgrade dapat dilakukan dikemudian hari.
  • Hardware 2nd? Kenapa tidak! Pastikan saja barang yang Anda beli tersebut masih bergaransi resmi.

Kurang lebih ground rules diatas akan cukup membantu dalam merakit PC gaming murah dibawah Rp 5 juta. Memiliki opini lain atau ada yang perlu ditambahkan? Silahkan beri komentar Anda.

Sekarang saatnya memilih komponen yang paling tepat dan optimal untuk sebuah PC gaming yang murah dan optimal untuk tahun menjalankan berbagai game di tahun 2013 ini.

Let’s get it started!

*NOTE: Harga barang yang tertera pada artikel ini mengacu pada harga toko online yang kami survey di daerah Jakarta pada akhir Juli 2013. Kemungkinan harga dapat berbeda tergantung daerah, dengan kisaran perbedaan sekitar 50.000 – 100.000 Rupiah per-item.*

Prosesor

Sekarang persyaratan prosesor minimal 4 core atau setidaknya 4 thread sudah harus digunakan pada PC Gaming Entry Level pada tahun ini. Sebuah prosesor dual-core saat ini dapat dikatakan tidak memenuhi lagi kriteria sebagai sebuah PC Gaming, mengingat pemanfaatan multi thread saat ini sudah sangat optimal, dan harga prosesor inipun sudah semakin terjangkau. Berikut kandidat prosesor terbaik yang dapat menjadi pilihan Anda pada kelas ini:

Platform Intel

Intel Core i3 3220 (US$ 113-118)



Prosesor Intel Core i3 3220 menjadi pilihan kami jika Anda berencana untuk membangun PC Gaming dibawah 5 juta Rupiah dengan platform Intel. Prosesor ini dapat memberikan efisiensi daya berbanding performa yang sangat baik, dan sudah dilengkapi dengan fitur Hyper Threading (dual core/4 thread) yang sangat efektif untuk berbagai aplikasi dan game saat ini. Cukup disayangkan pada saat tulisan ini dibuat Intel masih belum merilis Core i3 generasi ke-4 terbaru miliknya, tetapi prosesor ini masih menjadi pilihan yang menarik untuk saat ini sebagai PC gaming platform Intel dengan harga dibawah 5 juta Rupiah.

Platform AMD

AMD FX-6300 Vishera (US$ 114-119)



Pada segmen harga dikelas ini, varian prosesor AMD merupakan pilihan yang sangat bijak. Prosesor AMD FX-6300 Vishera menjadi pilihan kami karena mampu memberikan rasio harga berbanding performa yang sangat baik. Prosesor ini dipersenjatai dengan spesifikasi core clock, cache, dan jumlah thread yang lebih tinggi dibandingkan kompetitornya pada harga yang setara. Selain itu AMD juga masih memiliki nilai tambah yang menjadikannya jauh lebih menarik, yaitu kemampuan overclocking yang dapat menjadikan performanya lebih tinggi lagi.

AMD 6800K Richland (US$ 145-150)



Platform AMD FM2 dapat menjadi pilihan alternatif untuk solusi PC Gaming terjangkau. Prosesor APU terbaru dari AMD ini mampu memberikan performa yang sangat baik, ditambah dengan grafis terintegrasinya yang juga sangat bertenaga. Namun untuk mendapatkan performa yang optimal dari prosesor penerus Trinity ini, diperlukan konfigurasi RAM yang setidaknya berjalan pada kecepatan 2133 MHz, dan harganya sedikit lebih tinggi. Tidak seperti platform AM3, menurut rumornya platform FM2 ini memiliki masa depan yang lebih cerah karena memiliki kemungkinan untuk mencicipi arsitektur selanjutnya milik AMD (Steamroller).

Bonus tambahan dengan APU ini, Anda dapat melakukan Crossfire dual-graphics dari GPU terintegrasinya dengan graphics card dedicated seperti HD 6670/6570 dan mendapatkan peningkatan performa yang cukup signifikan. Sayangnya dukungan dual-graphics ini masih terbatas pada kedua graphics card tersebut saja, saat kami mencoba melakukan CF dengan HD 7730, fitur ini tidak berjalan pada beberapa games yang diujikan, namun berjalan efektif pada aplikasi benchmark seperti 3D Mark11. Semoga saja, AMD menambah kompatibilitas fitur ini untuk graphics card kelas menengah seperti HD 7700 series pada driver Catalyst selanjutnya.

Editor’s Choice

AMD FX-6300 Vishera



Tidak diragukan lagi, pada segmen PC Gaming dibawah 5 juta rupiah, prosesor AMD FX-6300 dengan spesifikasinya yang mumpuni dan harga yang relatif terjangkau, prosesor ini merupakan pilihan terbaik dibandingkan Core i3 3220 dan A10 6800K. FX-6300 mampu menampilkan scaling performa yang optimal untuk graphics card kelas mainstream-performance sekalipun.

Intel Core i3 3220 mampu memberikan efisiensi berbanding performa yang sangat baik, namun secara keseluruhan masih tertinggal dibandingkan FX-6300 sebagai sebuah mesin gaming. Tidak tersedianya fitur overclocking yang memadai seperti pada pada FX dengan unlocked multiplier-nya, juga menjadikan daya tarik Intel Core i3 ini semakin tertinggal dibandingkan FX-6300.

Sedangkan AMD Richcland A10 6800K dapat menyajikan performa yang solid untuk sebuah APU dengan grafis terintegrasi yang sangat bertenaga. Grafis terintegrasinya mampu memberikan performa setara dengan graphics card seharga 500-600 ribu rupiah. Namun FX-6300 dapat memberikan performa gaming yang jauh lebih baik saat solusi graphics card dedicated kelas entry level-mainstream digunakan, cukup jauh meninggalkan A10 6800K ini walaupun sudah berjalan optimal dengan RAM 2133 MHz yang lebih mahal.

Motherboard

Motherboard merupakan induk dari sebuah PC yang menentukan akan menjadi sebuah platform apakah PC ini nantinya. Dalam pemilihan motherboard ini perhatikan fitur-fitur yang dimiliki dan sesuaikan dengan kebutuhan yang kita perlukan, selain itu penggunaan komponen berkualitas juga menjadi pertimbangan utama.

Kriteria Motherboard essential untuk sebuah PC Gaming murah setidaknya sudah dilengkapi dengan USB 3.0, SATA3, dan Gigabit LAN. Fitur seperti overclocking, dual graphics (Crossfire/SLI), dapat dipastikan tidak akan bisa dimanfaatkan dengan optimal. Jadi sebaiknya pilihlah tipe motherboard termurah tetapi jangan lupakan dengan kualitas penggunaan komponen yang digunakan pada motherboard tersebut.

Intel B75

Editor’s Choice

ASRock B75M-DGS (US$60-65)



Dengan harga yang sangat terjangkau, motherboard ASRock B75M-DGS ini memberikan solusi motherboard B75 dengan komponen “All Solid Capacitor” seperti pada motherboard untuk kelas menengah keatas. Motherboard ini hanya dibandrol dengan kisaran harga 600 ribu rupiah saja.

AMD AM3+ 970

Editor’s Choice

ASRock 980DE3/U3S3 (US$65-70)



Lagi-lagi kami memilih produsen ASRock sebagai rekomendasi untuk motherboard platform AM3+ ini. Bagaimana tidak, dengan harga kisaran dibawah 700 ribu rupiah Anda sudah bisa mendapatkan sebuah motherboard dengan kualitas komponen yang baik, dan dengan fitur-fitur essential seperti yang kami sebutkan diatas. Jika Anda berencana untuk melakukan overclocking, kami sarankan untuk memilih seri diatasnya (extreme series) dengan perbedaan harga sekitar US$30 lebih tinggi.

AMD FM2 A75


Editor’s Choice

MSI A75MA-P33 (US$69-74)



Pilihan motherboard FM2 jatuh kepada MSI A75MA-P33. Walaupun menggunakan form factor mini ATX, motherboard ini sudah meyediakan fitur-fitur essential yang dibutuhkan. Sedangkan dari segi komponen, kualitas motherboard dari MSI ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

RAM/Memory



Ukuran RAM yang ideal saat ini adalah 4GB dan sudah memenuhi untuk kebutuhan standar gaming saat ini. Dengan RAM 8GB memang akan memberikan jaminan multi-tasking yang lebih baik, tetapi akan lebih baik jika budget yang dimiliki dialokasikan untuk pemilihan graphics card yang lebih baik misalnya.

Untuk kecepatan, sebuah RAM Dual Channel Kit dengan spesifikasi 1600 MHz sudah memenuhi apabila Anda menggunakan platform Intel dan juga AMD AM3+. Sedangkan untuk Richland (FM2), penggunaan RAM dengan kecepatan 2133 MHz sangatlah disarankan.

Editor’s Choice

Team Elite DDR3 PC12800 1600Mhz Dual Channel 4GB (2X2GB) CL11 (US$39-44)



RAM dari Team Elite ini memenuhi kriteria untuk penggunaan PC Gaming murah kali ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah RAM dengan kualitas yang lebih baik dari value RAM pada umumnya yang belum dilengkapi dengan heat spreader. 

Storage Device

Berbeda dengan kondisi pada tahun lalu saat harga sebuah hard disk melambung tinggi akibat bencana banjir yang dialami negara produsen, tahun ini harga hard disk sudah relatif membaik dan menjadi kabar yang sangat baik bagi user yang ingin membeli hard disk baru. Yang cukup unik, perbedaan harga hard disk dengan ukuran 1 Terabyte kebawah (320GB, 500GB, 1TB) tidaklah signifikan, menjadikan hard disk dengan ukuran 1 Terabyte ini sebagai pilihan yang sangat menarik untuk saat ini.

Editor’s Choice

WDC SATA III Blue 1.0 TB 3.5 Inch (US$64-69)



Masih seperti tahun lalu, kami memilih Western Digital varian Blue untuk pilihan PC Gaming murah dan optimal kali ini. WD Blue dibandrol dengan harga yang tergolong terjangkau, namun dengan performa yang tidak terlalu terpaut jauh dengan WD Black. Kapasitas 1 TB-nya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan para gamer untuk menyimpan berbagai game favoritnya.

Graphics Card

Komponen inilah yang bertanggung jawab hampir 70-80% dari performa PC Anda saat bermain game. Yang diperlukan adalah sebuah graphics card dengan budget dibawah satu juta Rupiah namun sudah bisa memenuhi untuk kebutuhan gaming pada resolusi 720p dengan cukup baik, atau bahkan resolusi 1080p dengan detail yang disesuaikan. Beberapa pilihannya antara lain:

NVIDIA GeForce GT 640 (US$85-100)



Satu-satunya pilihan untuk graphics card NVIDIA pada range harga sub-satu juta Rupiah adalah GeForce GT 640 yang berbasiskan GPU Kepler paling bungsu GK107. Varian dibawah GT 640 seperti GT 630 masih merupakan varian dengan chip GPU Fermi yang sama dari generasi sebelumnya seperti GT 430. Sedangkan GTX 650 merupakan varian GK107 yang lebih baik berkat penggunaan GDDR5, namun cukup disayangkan harganya masih relatif tinggi berada pada kisaran diatas US$110.

AMD Radeon HD 7730



Sudah menjadi tradisi AMD yang selalu memberikan price per performance yang sangat baik, terutama pada segmen graphics card kelas terjangkaunya. Seperti pendatang terbaru Radeon HD 7730 yang “bersinar” memperkokoh dominasi AMD pada segmen pasar ini, meninggalkan kompetitornya NVIDIA yang hampir tidak memberikan perlawanan berarti dari segi price per performance yang ditawarkan. Turunan HD 7750 ini dibandrol harga berkisar US$75-80, graphics card ini merupakan pilihan terbaik dikelasnya.
Editor’s Choice

MSI HD 7730 1Gb 128Bit DDR5 (US$79-84)



Pada saat tulisan ini dibuat, satu satunya brand graphics card yang sudah tersedia di Indonesia untuk varian HD 7730 terbaru adalah MSI. HD 7730 dari MSI ini dilengkapi dengan VRAM 1GB GDDR5, yang menjadikan performanya lebih superior dibandingkan GT 640 yang masih menggunakan DDR3. Desain pendingin MSI HD 7730 ini menggunakan desain custom yang sangat baik, tidak mencirikan sebagai graphics card kelas entry-level. Dari segi harga, MSI HD 7730 ini dibandrol dengan kisaran harga 800 ribu-an Rupiah, yang tergolong cukup terjangkau untuk performa yang diberikan.

Power Supply

Power Supply bukanlah hal yang bisa dikompromikan, walaupun dalam keadaan budget yang terbatas sekalipun. Selalu gunakan PSU berkualitas dengan output pure power untuk menjamin kelangsungan hidup PC tersayang Anda. Power supply dengan rating pure 400-500 watt dapat menjadi pilihan ideal sebagai penyedia daya untuk PC Gaming ini.

Editor’s choice

FSP Hexa 400 – 400W 80 Plus (US$39-43)



Varian terbaru PSU dari FSP dengan Hexa series-nya menjadi pilihan kami. Dengan kapasitas 400 watt pure, FSP Hexa 400 ini mampu menghantarkan Dual Rail 12V+ 17 Ampere yang sudah lebih dari cukup untuk “mengangkat” spesifikasi yang akan kita rakit kali ini. Untuk sebuah PSU yang terjangkau dengan harga dibawah 400 ribu Rupiah, PSU ini menawarkan build quality yang sangat baik ditambah dengan dukungan limited life time warranty (garansi seumur hidup).

*Pilihan lain yang dapat dipertimbangkan: Seasonic 350-400 Watt, CORSAIR VS450.

Casing

Komponen ini akan menjadi korban sementara demi menekan harga PC gaming yang akan kita rakit semurah mungkin. Sebuah casing gaming dengan harga US$60 keatas memang sangat menarik, tetapi fungsi essential dari sebuah casing masih bisa kita dapatkan cukup dengan sebuah casing standar ATX seharga US$10-an.

Infinity IN-412 No PSU (US$16-19)



PSU mid tower standar ATX dari Infinity ini menjadi pilihan yang cukup menarik. Fitur yang ditawarkan cukup memadai, memungkinkan Anda untuk memasang tiga buah fan 12 cm agar sirkulasi udara didalam casing ini tetap terjaga. Dari segi desain dan fungsionalitas juga casing ini tergolong baik, peletakan front panel yang cukup lengkap pada bagian atas akan memudahkan penggunanya saat mengakses USB ataupun audio input.

Optical Drive

Lite On DVDRW SATA 24x Internal (US$ 15-18)



Komponen yang satu ini penggunaannya akhir-akhir ini sudah hampir tergantikan dengan penggunaan USB HDD eksternal/flash disk, karena media CD/DVD dianggap cukup merepotkan dan kapasitasnya juga cukup terbatas. Berbagai jenis laptop terbaru saat ini juga sudah menghindari penggunaan media ini untuk mengurangi ketebalan, bobot dan konsumsi daya. Optical drive ini masih cukup diperlukan untuk sebuah PC gaming saat melakukan instalasi game dan program melalui media CD/DVD. Namun jika Anda merakit PC gaming untuk sebuah warnet dengan menganulir komponen ini dapat menekan harga PC gaming ini nantinya.

Skenario Terbaik PC Gaming Murah dan Optimal



Dari masing-masing editor’s choice yang terpilih pada setiap komponen, didapatkan spesifikasi final skenario terbaik PC gaming murah dan optimal versi Jagat Review. Dapat dilihat pada tabel diatas, kami memilih platform AMD sebagai komponen PC gaming ini, baik pada prosesor maupun graphics card-nya karena keduanya mampu memberikan rasio harga berbanding performa terbaik dibandingkan kompetitornya pada range harga ini. Total harga yang didapat berkisar pada harga 4 juta-an Rupiah, harga tersebut tergolong sebagai PC gaming entry level, namun dapat dipastikan performa yang dihasilkan sudah sangat memuaskan untuk memainkan berbagai game terbaru saat ini dengan resolusi 720p hingga 1080p dengan detail yang disesuaikan.

Masih memiliki budget lebih?

Apakah Anda masih memiliki budget lebih dari total perhitungan diatas? Berikut beberapa komponen yang dapat Anda upgrade atau tambahkan:

Graphics card

Dengan budget ekstra sekitar 70$ dari harga graphics card diatas, Anda bisa memilih graphics card seperti GTX 650 Ti ataupun HD 7790 yang dapat memberikan peningkatan performa yang sangat signifikan. Prosesor FX-6300 yang digunakan ini masih memiliki spare tenaga untuk meng-handle graphics card yang lebih tinggi lagi pada kelas mainstream-performance seperti kedua graphics card tersebut.

Heat Sink Processor

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, prosesor FX-6300 ini memiliki fitur unlocked multiplier yang dapat dengan mudah ditingkatkan lagi performanya. Yang diperlukan adalah sebuah HSF yang lebih baik dibandingkan stock cooling yang disediakan AMD, cukup dengan HSF sekitar US$30-35, suhu kerja dari FX-6300 ini dapat terjaga lebih baik lagi dan bisa mendapatkan sedikit head room untuk overclocking.

Casing

Memiliki sebuah PC gaming dengan tampilan yang keren tentu memberikan kepuasan tersendiri. Silahkan pilih casing gaming sesuai selera dan fitur yang diperlukan, dan jangan lupakan faktor air flow agar udara didalam casing dapat selalu terjaga. Casing gaming yang berkualitas baik berkisar pada harga US$50-100.
Budget yang dimiliki masih kurang?

Saat artikel ini ditulis, kurs Dollar Amerika memang sedang sangat tidak bersahabat yang menembus hingga 10.300 Rupiah. Tentu saja keadaan ini akan sangat mempengaruhi nilai jual berbagai komponen komputer dipasaran. Jika budget yang Anda miliki saat ini masih kurang, keputusan untuk menunggu belanja komputer beberapa saat hingga kurs US$ sedikit membaik merupakan pilihan yang bijak. Solusi lain? Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli beberapa komponen 2nd/bekas, agar harga yang didapat bisa lebih murah lagi. Pastikan barang bekas yang akan dibeli tersebut masih berfungsi dengan baik dan bergaransi resmi jika suatu waktu Anda menemui masalah. Cukup banyak website yang menyediakan jasa FJB (Forum Jual Beli), yang Anda perlu lakukan adalah mencari kata kunci yang tepat, dan bersabar .

Demikian artikel “Buyer’s Guide: Merakit PC Gaming Murah dan Optimal” versi Jagat Review. Jika Anda memiliki masukan, atau pilihan lain versi Anda sendiri, jangan sungkan untuk mempostingnya pada komentar dibawah.

Sampai jumpa pada artikel buyer’s guide selanjutnya

pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory