Gempa Dahsyat 6,5SR Guncang Wellington, Selandia Baru


Gempa besar berkekuatan 6,5 Skala Richter melanda Selandia Baru, menggoncang ibukota negara itu Wellington namun tidak berpotensi Tsunami dan tidak ada laporan kerusakan besar.

Gambar dari Twitter menunjukan permukaan jalan yang terbuka akibat gempa di Pelabuhan Wellington. (Credit: Audience submitted)

Gempa berlangsung pukul 17: 09 sore waktu setempat, di 57 km Selatan Barat Wellington, pada kedalaman 14 kilometer, kata Geologi AS.

Beberapa menit kemudian gempa dengan kekuatan 5,5 kembali mengguncang dan terjadi 10 jam setelah getaran 5,8 dikawasan yang sama.

Badan Pemantau Gempa Selandia Baru, GeoNet mengatakan getaran kecil yang dirasakan di kawasan yang cukup luas tersebut adalah “peregangan”.

Tidak ada laporan kerusakan parah akibat gempa ini, meski demikian petugas pemadam kebakaran setempat banyak menerima telpon dari warga yang terjebak di lift di Wellington dan sejumlah wilayah mati listrik.

Seismolog Anna Kaiser kepada media New Zealand Herald mengatakan gempa dengan kekuatan besar tidak biasa terjadi di kawasan ini.

"Ketika kita mengalami kejadian seperti ini akan terjadi peningkatan seismik di kawasan dan ada kemungkinan gempa yang lebih besar terjadi tapi sangat jarang.” Katanya.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gempa dengan magnitud sebesar ini bisa memicu tsunami lokal tapi tidak menimbulkan ancaman tsunami yang merusak.

Gempa besar berkekuatan 6,3 pernah mengguncang kota terbesar di Selandia Baru, Christchurch, pada Februari 2011, memporak porandakan sejumlah bangunan dan menewaskan 185 orang.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory