Cara Sederhana Ini Bisa Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut kerap membuat seseorang tidak percaya diri. Nah, pada saat berpuasa, utamanya ketika mulut kering, haliosis alias bau mulut sangat mudah menyerang. Nah, untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sederhana.



Berikut ini beberapa cara sederhana mengatasi bau mulut:

1. Timun Rebus

"Apa yang dimakan itu menyebabkan wangi. Timun rebus untuk dinginin perut, sehingga bisa wangi mulutnya. Ini karena asam di lambung nggak naik," kata Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKgA (K), PhD, spesialis kedokteran gigi anak, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (17/7/2013).

2. Makan Daun Peterseli

Daun peterseli mengandung senyawa aktif yang mampu membunuh bakteri, sehingga dengan mengonsumsi daun ini, maka bau mulut bisa diatasi. Cobalah makan daun ini saat makan sahur dan dapatkan napas yang terasa lebih segar dan fresh. Namun konsumsi peterseli untuk mengusir bau mulut ditengarai hanya bersifat sementara.

3. Jeruk Nipis

Untuk diketahui, bau mulut bisa terjadi karena cairan empedu berlebihan. Nah, Tjok Gde Kerthyasa, pakar homeopati asal Ubud, Bali menyarankan agar fungsi liver dan empedu seimbang maka caranya adalah dengan mengonsumsi jeruk nipis yang kaya vitamin C.

4. Daun beluntas

Cara lain untuk mengatasi bau mulut adalah dengan menginsumsi campuran daun beluntas dengan kencur, dan bisa juga ditambah daun sirih. Selain bagus untuk menjaga kesehatan lambung, ramuan sirih dan kunyit ternyata juga bagus untuk menjaga keseimbanga empedu dan liver, sehingga dapat menetralkan bau mulut. Apabila tak berhasil menemukan beluntas, bisa diganti dengan sirih yang memiliki efek hampir setara.

5. Daun Kemangi

Menurut Tjok Gde, kemangi dan selasih dapat diandalkan untuk mengusir bau mulut. Hal ini karena daun kemani mempunyai efek aromatik. Selain itu kemangi dan selasih juga bisa mengurangi kontraksi otot perut dan usus.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2018 Notifikasiku. All Rights Reserved.