Hebatnya Cangkang Kura-Kura

Buaya, salah satu reptil paling menakutkan di muka Bumi. Kekuatan gigitannya tak kurang dari 5.000 psi (pounds per square inch) atau setara dengan 315 kilogram. Hampir dipastikan tak ada hewan yang selamat dari serangan binatang aligator ini.

Namun, ada satu yang selamat dari serangan buaya, yaitu kura-kura. Gigitan buaya yang terkenal sangat mematikan tak mampu memecahkan cangkangnya.

Seorang fotografer asal Amerika Serikat bernama Patrick Castleberry berhasil menjadi saksi pertempuran antara buaya dan kura-kura. Untuk dapat mengambil gambar, dilansir Daily Mail, Castleberry harus menyamar di rerumputan di pinggir rawa dan menunggu selama berjam-jam.

"Setelah 15 menit berusaha memecahkan cangkang kura-kura, reptil itu pun akhirnya menyerah, dan membebaskan kura-kura itu," kata Castleberry.

Dia menduga, buaya itu pasti memenangkan pertarungan dan berhasil meretakkan cangkang kura-kura. "Ini seperti sebuah pertandingan dengan hasil akhir kura-kura satu buaya nol," kisahnya.



Saat buaya menyerah dan akhirnya meninggalkan kura-kura, Castleberry pun segera memeriksa keadaan kura-kura. Ia terkejut melihat kura-kura masih hidup.

"Saya melihat kura-kura sudah tak bergerak. Tapi, saat didekati kura-kura itu masih bergerak dengan posisi terbalik. Setelah saya balikkan cangkang itu, ia langsung bergegas masuk ke dalam rawa. Ia selamat, " ujar Castleberry.


Cangkang kura-kura memang terkenal kekuatannya. Berdasarkan beberapa penelitian, cangkang kura-kura bisa menahan tekanan sampai puluhan ribu psi.

Cangkang pelindung itu terbuat dari tulang dan ditutupi sebuah perisai yang berbahan seperti tanduk. Tulang-tulang itu menyatu dengan tulang rusuk, tulang belakang, tulang bahu, dan tulang pinggul. Itulah alasannya mengapa cangkang kura-kura terkenal kokoh.

Beberapa peneliti pun tertarik melakukan studi tentang kekuatan dari cangkang kura-kura. Bahkan, beberapa peneliti pun terinspirasi membuat teknologi dari cangkang kura-kura untuk dipakai manusia.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory