Tips Awal Bagi Yang Ingin Sukses Memulai Wirausaha

Dalam memulai mengembangkan wirausaha, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik sekali pun Anda memulainya pada usia muda. Jaringan pelanggan merupakan salah satu alat ukur keberhasilan usaha yang dijalankan.

Makin besar jaringan yang anda buat, makin terbuka pintu kesuksesan dari usaha tersebut. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk membangun jaringan ini?

Tips Awal Bagi Yang Ingin Sukses Memulai Wirausaha

Pakar bidang Knowledge Management, James Van Der Westhuizen, mengatakan bahwa langkah pertama yang dilakukan adalah memahami jaringan pelanggan tersebut. Pasalnya, menjalankan sebuah usaha tidak semata-mata hanya berkutat pada masalah uang saja, tetapi intinya adalah pelayanan kepada orang lain.

"Pengetahuan akan pelanggan ini penting dan harus dipahami dengan baik keinginannya agar ada tujuan yang jelas dari usaha yang dijalankan," kata Van Der Westhuizen dalam acara Indonesian MAKE Study 2013 di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Langkah selanjutnya adalah memilih target pasar yang sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan. Hal ini juga berkaitan dengan pelayanan dan pengembangan wilayah usaha nantinya jika jaringan pelanggan mulai terbentuk. Dengan memilih target pasar yang tepat, pelaku usaha dapat membuat program promosi dan penjualan yang sesuai juga.

"Tidak cukup hanya paham dengan kemauan pasar. Namun, harus memilih target market mana yang akan disasar. Jadi sales programnya bisa tepat," jelas Van Der Westhuizen.

Langkah selanjutnya tentu saja mulai membuat program promosi yang jelas dan akurat dengan memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Untuk menggaet pelanggan, informasi yang memadai dengan berbagai rekomendasi positif akan membantu mendongkrak pengembangan usaha yang tengah dijalankan.

"Sekarang di mana-mana orang googling dulu untuk tahu review suatu tempat atau suatu barang. Jadi, manfaatkan itu sebaik mungkin. Banyaknya review positif tentu menarik minat orang untuk menggunakan jasa kita," tandasnya.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory