Cara Mudah Mengetahui Kepribadian Seseorang

Ambisius dan kompetitif, atau easy-going dan santai, yang manakah tipe diri yang Anda? Mengapa hal ini penting untuk diketahui? Penelitian di tahun 1950-an menyarankan bahwa kepribadian Tipe A - ambisius, kompetitif, sangat peduli dengan status dan kedudukan, dan seperti kecanduan akan meraih prestasi - akan lebih rentan terhadap penyakit jantung koroner dan serangan jantung. Sedangkan, Tipe B yang tampaknya lebih rendah resiko untuk terkena penyakit koroner.

Cara Mudah Mengetahui Kepribadian Seseorang pria berkumis

Penelitian ini tampaknya mendukung stereotip umum dari eksekutif bisnis yang ambisius dan tampak selalu bergegas, seperti tidak pernah memiliki cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan sesuatu, bekerja sampai larut, dan akhirnya dia mendapatkan serangan jantung (studi awal ini semua dilakukan pada laki-laki).

Penelitian selanjutnya mempertanyakan temuan awal tadi. Hasilnya mengatakan bahwa hanya beberapa elemen yang terkait lebih umum dengan kepribadian Tipe A, khususnya permusuhan, sifat agresif, dan kurangnya ekspresi emosi positif yang ternyata dapat dikaitkan dengan risiko lebih besar untuk terkena serangan jantung.

Meninjau beberapa penelitian pada pola perilaku Tipe A dan menggabungkan dengan apa yang kita ketahui tentang manajemen/kepemimpinan dapat memberikan jawaban. Bisa saja karena sifat agresif Type A yang mudah berang, membuat mereka rentan koroner.

Hal ini juga dipicu karena manusia Tipe A cenderung mencoba untuk melakukan semuanya sendiri dan akhirnya menjadi tertekan. Mereka bukan pemain tim yang baik dan jarang mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain.

Kurangnya ekspresi emosi mungkin juga menyebabkan mereka menyimpan segala sesuatu. Kombinasi tersebut bukannya malah memberikan prestasi namun malah mengarahkan orang-orang dengan kepribadian Tipe A makin dekat ke penyakit koroner.

Terlepas dari koneksi ke penyakit jantung, ada perbedaan mendasar antara Tipe A dan Tipe B. Berikut adalah beberapa pertanyaan dari wawancara dan kuesioner yang digunakan untuk menentukan tipe kepribadian A. Yang manakah tipe Anda?

• Apakah Anda sering merasa tertekan oleh waktu sewaktu dan setelah bekerja?

• Apakah Anda selalu membawa pulang pekerjaan dengan Anda?

• Apakah Anda makan dengan cepat?

• Apakah Anda memiliki kebutuhan kuat untuk menjadi yang mengungguli rekan kerja Anda?

• Apakah Anda memiliki kesulitan menemukan waktu untuk mendapatkan memotong atau menata rambut Anda?

• Apakah Anda merasa atau bertindak tidak sabar ketika Anda harus menunggu dalam antrean?

Hal-hal yang terkait dengan permusuhan:

• Apakah Anda merasa kesal dengan mudah?

• Apakah Anda bossy dan dominan?

• Apakah ketika Anda masih muda Anda berapi-api dan sulit mengendalikan amarah Anda?

Pada sisi positifnya, dan tidak mengherankan, Tipe A memang tampak lebih sukses dalam hal prestasi kerja, tetapi orang-orang dengan kepribadian Tipe B akan lebih mampu menikmati saat (dan banyak juga orang-orang dengan kepribadian Tipe B yang sukses).

Namun dalam kenyataannya relatif sedikit orang yang kuat sekali rasa kompetitifnya (Tipe A) atau benar-benar santai (Tipe B). Sebagian besar dari kita mungkin cenderung sedikit berat pada satu sisi atau bisa saja gabungan dari Tipe A-B.
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory