Mengenal Kamera Baru Anda

Sadar atau tidak ada beberapa orang di sekitar kita yang memiliki kamera tetapi tidak pernah mau repot untuk belajar bagaimana mentransfer hasil jepretan mereka ke komputer atau PC. Mereka hanya sekedar melihat gambar-gambar tersebut melalui LCD kamera yang berukurang 2 inchi. Yang lebih menggelikan lagi adalah mereka termasuk orang-orang yang dulunya berencana membeli kamera terbaru dengan teknologi termutakhir yang ada di pasaran. Intinya adalah bagaimana mengenal dasar-dasar menggunakan kamera, memindah foto ke komputer, dan kemudian bersenang-senang kembali ke tempat hunting yang menarik. Jangan lupa juga untuk mencetak foto-foto favorit kalian.



Ada banyak model kamera digital yang beredar di pasaran dan mungkin terlihat berbeda satu sama lain, tetapi pada dasarnya mereka memiliki pengaturan dasar yang sama. Semua kamera tersebut menggunakan baterai untuk beroperasi, dan butuh untuk dicharge dari waktu ke waktu. Mereka semua juga memiliki tombol on/off serta shutter. Hal yang terpenting ketika membeli kamera adalah mereka memliki buku manual, jangan pernah lupa untuk membacanya terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tips bagaimana mengenal kamera lebih dekat:

1. Baca buku manual: Tips yang cukup jelas bukan? tetapi kami percaya beberapa diantara sobat akan merasa terkejut. Akan terasa sedikit membingungkan ketika Sobat membaca langsung setelah membuka kotak kamera digital baru kalian, tetapi kami sarankan untuk meluangkan waktu dan mencoba mengenal semua tombol kendali serta menu yang ada pada kamera kalian. Jika memungkinkan segera coba bagaimana memasukkan baterai serta memory card dan nyalakan kamera tersebut. Apa yang Sobat butuh baca dari buku manual adalah bagaimana melakukan pengaturan dasar kamera.

2. Pelajari bagaimana menyalakan kamera: Langkah ini mungkin terdengar sangat dasar, tetapi setiap produsen atau manufaktur kamera akan memiliki langkah yang berbeda. Jangan pernah malu untuk melakukannya, terkadang jika kita mencoba kamera milik rekan akan sedikit kebingungan mencari tombol on/off.

3. Usahakan terbiasa dengan lensa: Cobalah sedikit bermain dengan zooming (in dan out). beberapa kamera biasanya sudah dilengkapi dengan lensa yang disebut dengan lensa kit. Sobat bisa mencoba melakukan zoom out untuk wide-angle, landscape atau zoom in untuk candid serta portrait.

4. Jika Sobat memotret didalam ruangan (indoor), nyalakan flash built-in

5. Pastikan mode pemotretan diatur dengan benar: Mode otomatis biasanya memang cocok untuk setiap kondisi pemotretan, jadi mode ini bisa digunakan saat mencoba kamera sampai kita belajar mode pemotretan lain yang lebih advance.

6. Mengkomposisikan subyek: Pastikan Sobat tidak memotret langsung ke arah matahari, Tidak ada kabel listrik yang mengganggu dan terekam ke dalam foto, tidak ada tiang telepon yang mencuat di belakang kepala subyek, pastikan horizon lurus dan tidak miring. Biasakan meluangkan waktu untuk melakukan komposisi di setiap foto yang kalian ambil, dan lihat serta rasakan perbedaanya.

7. Shoot: Tekan tombol separuh/setengah untuk melakukan fokus, dan selanjutnya buat foto-foto hebat kalian!
pasang iklan banner
 
InnOnet © Copyright 2011-2015 Notifikasiku. All Rights Reserved.
Bloggers.com Kisah Unik Dibalik Berita Kisah Unik Dibalik Berita blog search directory
blog linksLocal blog Kisah Unik Dibalik Beritablog directory